Text
Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Gadai Emas (Ar-Rahn) Terhadap Kepuasan Nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Pamekasan
Kata kunci: Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Kepuasan Nasabah
Saat ini, keberadaan lembaga keuangan sangat dibutuhkan di berbagai tempat karena tidak
hanya sebagai tempat penyimpanan uang saja, melainkan juga sebagai tempat dimana calon
nasabah dapat mengakses pinjaman uang tunai. Gadai emas merupakan salah satu fasilitas
peminjaman uang tunai yang dapat diperoleh dengan menyediakan jaminan asset atau harta. Gadai
emas di Bank Syariah dapat dilakukan melalui beberapa pilihan akad seperti akad Qardh dalam
rangka Rahn dan akad Ijarah. Kualitas layanan dan kualitas produk sangat diperlukan oleh
lembaga keuangan agar bisa mempengaruhi tingkat kepuasan yang didapat nasabah dan terus
menggunakan produk tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas layanan dan kualitas produk
berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di BPRS Bahkti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan.
Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier
berganda. Adapun cara pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental
sampling. Penelitian ini menggunakan 84 responden dengan menyebarkan kuesioner pada anggota
produk gadai emas (Ar-Rahn).
Hasil penelitan berdasarkan hasil uji t untuk variabel kualitas layanan yaitu memiliki
pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung 2,213 > ttabel 1,98932 dan taraf
signifikan 0,030 < 0,05. Untuk variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
nasabah diperoleh oleh nilai thitung 3,038 > ttabel 1,98932 dan taraf siginifikan 0,003 < 0,05. Serta
pengujian hipotesis dengan uji F menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kualitas produk secara
bersama-sama atau serentak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan Fhitung
58,382 > Ftabel 3,11 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05
Tidak tersedia versi lain