Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Produk Tabungan Barokah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah
Pelayanan dan kepuasan nasabah merupakan hal yang sangat erat kaitannya
dan sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan serta untuk
memperoleh keuntungan yang maksimal dalam jangka waktu panjang. Untuk
memperoleh kepuasan nasabah BPRS harus melakukan usaha yang maksimal
terutama dari segi pelayanan agar bisa menyesuaikan pelayanannya dengan harapan
nasabah sehingga BPRS mampu mempertahankan nasabah tersebut. Kualitas
pelayanan yang bertujuan memberi kepuasan bagi nasabah juga harus diperhatikan
demi memberikan rasa nyaman bagi nasabah yang sudah ada karena dengan begitu
nasabah tersebut akan tetap bertahan untuk melakukan berbagai transaksi di BPRS.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap
kepuasan nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian Non probability sampling. Instrument penelitian menggunakan kuesioner
yang disebarkan pada nasabah dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden di
ambil dengan teknik incidental sampling. Data yang didapat di analisis
menggunakan metode regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan
yang terdiri dari Variabel bukti fisik (X1) mempunyai pengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan memperoleh nilai thitung sebesar 2.365
> nilai ttabel 1.661, dan taraf signifikansi sebesar 0.020 < 0.05. Variabel keandalan
(X2) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah
dengan memperoleh thitung sebesar 2.045> nilai ttabel 1.661, dan taraf signifikansi
sebesar 0.044 < 0.05. Variabel daya tanggap (X3) mempunyai pengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan memperoleh thitung sebesar 2.087 >
nilai ttabel 1.661, dan taraf signifikansi sebesar 0.040 < 0.05. Variabel jaminan (X4)
mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan
memperoleh thitung sebesar 2.121 > nilai ttabel 0.05, dan taraf signifikansi sebesar 0.37
< 0.05. Variabel empati (X5) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan nasabah dengan memperoleh thitung sebesar 2.808 > nilai ttabel 1.661, dan
taraf signifikansi sebesar 0.006 < 0.05. Semua variabel yang terdiri dari bukti fisik
(X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) secara
simultan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y) dengan nilai F hitung > nilai
F tabel ( 70.033 > 2.31) dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 lebih kecil dari 0,05.
Tidak tersedia versi lain