Text
, Peran Guru dalam Mengenalkan Makanan Bergizi pada Anak Usia Dini di TK Nasyiatus Shibyan Desa Tobungan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan,
Kata Kunci :peran guru, pengenalan makan bergizi, makanan bergizi
Peran guru dalam mengenalkan makanan bergizi bagi anak usia dini sangatlah
penting, agar anak dapat mengenal berbagai makanan bergizi sehingga anak tidak
mudah terserang penyakit. Kebanyakan orang tua hanya memberikan uang saku
kepada anak ke sekolah tanpa mengetahui jajanan yang dibeli oleh anak
mengandung gizi atau tidak, karena anak-anak hanya tahu mengkonsumsi saja.
Masih banyak anak yang kurang mengenal makanan bergizi. Ini diduga karena
kurangnya informasi dan komunikasi. Selain itu juga materi pembelajaran tentang
gizi masih kurang diberikan kepada anak.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan
analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tiga tahap analisis yaitu
reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan
data penulis mengggunakan beberapa cara yaitu kehadiran peneliti, observasi
yang diperdalam, triangulasi, uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam perencanaan pengenalan
makanan bergizi akan membantu guru dalam penyampaian materi dan akan
mempermudah siswa untukmengetahui dan memahami tentang makanan beergizi.
Peran guru dalam pelaksanaan pengenalan makanan bergiziyaitu dalam
memberikan motivasi agar anak mau makan makanan bergizidalam memberikan
pemahamankepada anak tentang analisis pemberian makanan bergizi untuk
menunjang pertumbuhan dan perkembangan, dalam proses pemberian makanan
bergizi.peran seorang guru dalam evaluasi pengenalan makanan bergizi yaitu
dengan adanya evaluasi menyampaikan pembelajaran sudah berhasil atau tidak
dan juga dengan adanya evaluasi dalam pembelajaran akan terlihat apakah siswa
sudah paham dan mengerti mengenai materi pembelajaran yang sudah
disampaikan oleh guru dan dengan adanya evaluasi apakah pembelajaran dikelas
sudah berjalan dengan baik, sudah mencapai tujuan pembelajaranatau tidak
Tidak tersedia versi lain