Text
Analisis Strategi Diversifikasi Produk Dalam MeningkatkanPangsaPasarPadaUD.TunasMaduraPerspektifEkonomi Islam,
KataKunci:DiversifikasiProduk,PangsaPasar,PerspektifEkonomiIslam,
UD.TunasMadura.
Penelitianinidilatarbelakangidengansemakinberkembangnya
sektorproduksidiUD.TunasMaduradiharapkanbisabersaingsalah
satunya yaitu dengan menerapkan strategidiversifikasiproduk,yang
merupakansuatuupayayangdilakukansuatuorganisasiatauperusahaan
dalam usahamemasarkanataumemproduksibeberapaproduksejenis
atau produk yang belum ada sebelumnya yang bertujuan untuk
meningkatkanpangsapasaryangsesuaidengansyariahIslam.
Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatifdengan jenis
penelitiandeskriptif.LokasipenelitiandilakukandiUD.TunasMadura
yangadadiDusunDaleman,DesaKadurkabupatenPamekasanJawa
Timur.Sumberdatayangdigunakanyaitudataprimerdandatasekunder.
Prosedurpengumpulandatayangdigunakandenganwawancarasemi
terstruktur,observasipartisipandandokumentasi.Selanjutnyadatayang
diperolehdianalisisdankemudiandilakukanpenarikankesimpulan.
Hasilpenelitian yang diperoleh (1)Jenis strategidiversifikiasi
produkyangdigunakanolehUD.TunasMadurayaitustrategidiversifikasi
horizontal, yaitu suatu strategi dimana perusahaan melakukan
penambahanprodukbaruyangtidaksalingberkaitandenganprodukyang
sudahadaakantetapiuntuktujuanpangsapasartetapsama.;(2)Dampak
positifyangditimbulkanstrategidiversifikasiprodukyaitupeningkatan
kualitassumberdayamanusiasertapenyerapantenagakerja.Sedangkan
dampaknegatifyangdiakibatkanyaitudampaklingkungansepertipolusi
suara.;(3)Kendalainternalyangditemuiyaituketersediaanbahanbaku
yangterkadangsulitdidapatdanterkadangmahal.Sedangkankendala
eksternalyangditemuiterdapatpadasegipenawaran,yaitupenawaran
yangterkadangnaikdanturun.Sehinggamengakibatkanjumlahproduksi
yang berfluktuasi;(4)Pangsa pasarmerupakan fokus utama dalam
penerapanstrategidiversifikasiprodukdiUD.TunasMadura,sehingga
perusahaanselalumegutamakankeberkahandankepuasankonsumen
dalamsemuaprosespemasarannyasesuaidenganekonomiislam
Tidak tersedia versi lain