Text
Implementasi Teknik Modeling Simbolik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Smk Sumber Bungur Pakong Pamekasan
Kata Kunci: Implementasi, teknik modeling, dan motivasi belajar
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMK Sumber
Bungur Pakong Pamekasan. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Kegiatan dalam analisis data penelitian meliputi reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam pengecekan
keabsahan data, peneliti melakukannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi
penyuluhan partisipasi, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini, pertama,
penerapan teknik pemodelan simbolik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK
Sumber Bungur Pakong Pamekasan, terdapat empat tahapan sebagai berikut: a) tahap perhatian
dimana guru BK memberikan bimbingan kelompok yang berisi tentang penampilan video
karakter atau model agar dapat ditiru oleh siswa. b) tahap retensi (pengulangan) dimana guru BK
secara terus menerus memberikan tayangan video kepada siswa agar siswa dapat dengan mudah
mengingat setiap perilaku karakter yang dapat ditiru oleh siswa, c) tahap reproduksi, pada tahap
ini siswa dapat menampilkan perilaku baru sesuai dengan tingkah laku atau tingkah laku tokoh.
model yang mereka tonton. d) tahap motivasi atau penguatan, dalam hal ini guru BK
memberikan motivasi secara terus menerus baik secara lisan maupun tertulis agar siswa dapat
mengubah perilakunya dalam belajar menjadi lebih baik. Kedua, faktor pendukung dan
penghambat dalam pelaksanaan teknik pemodelan simbolik, yaitu: Faktor pendukungnya adalah
(a) Adanya ruang kelas dan ruang konseling, (b) Adanya kerjasama yang baik antar seluruh
elemen sekolah . Faktor penghambatnya adalah adanya perbedaan karakter siswa dalam
mengikuti kegiatan pembelajaran yang menyebabkan sebagian kecil siswa kurang fokus yang
dapat mengganggu perkembangan kognitif dan juga buruknya moralitas siswa. Oleh karena itu,
guru melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, salah satunya
dengan menerapkan teknik pemodelan simbolik.
Dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK Sumber Bungur pakong pamekasan.
Faktor pendukungnya adalah (a) Adanya ruang kelas dan ruang konseling yang
digunakan guru BK untuk membantu siswa untuk menyelesaikan permasalahnanya (b) Adanya
kerjasama yang baik antar seluruh elemen sekolah. Faktor penghambatnya antara lain (a) adanya
perbedaan karakter siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang menyebabkan sebagian
kecil siswa kurang fokus ketika pelaksanaan teknik modeling simbolis yang dikemas dalam
bentuk penampilan video
Tidak tersedia versi lain