Text
Integrasi Program Pesantren dan Kurikulum Madrasah Aliyah Nurus Sholah batulabang akkor palengaan pamekasan
katakunci: Integrasi Program Kesantren, Kurikulum Madrasah Aliyah
Kajian skripsi ini dilatar belakangi akan pentingnya adanya kesinambungan antara
pesantren dan madrasah yang berada dibawah naungannya, dalam artian program atau
kurikulum pesantren dan kurikulum madrasah umum yang berada dibawah naungannya
haruslah berjalan beriringan dan juga perlunya otoritas dan keleluasaan bagi pesantren dan
madrasah umum dibawah naungan pesantren untuk mengatur lebih lanjut kurikulum yang
dijalankan, mengingat tujuan madrasah sendiri umumnya sama, diantaranya yaitu untuk
membentuk insan yang beriman, bertakwa, memiliki akhlaqul karimah yang dilandasi tauhid
yang kuat. Makadariitu, sangatpentingadanyapenyelarasanantara program
pesantrendankurikulum madrasah umum yang beradadibawahnaunganpesantren agar
menjadipenunjangatasterlaksananyatujuanpendidikanislam.
Dalam penelitian ini terdapattigafokus: 1.
programpondokpesantrenNurusSholahbatulabangakkorpalengaanpamekasan. 2. Kurikulum
Madrasah AliyahNurusSholahbatulabangakkorpalengaanpamekasan. 3. Bentuk integrasi
program pesantrendankurikulum Madrasah
AliyahNurusSholahbatulabangakkorpalengaanpamekasan.
Penelitianinimenggunakanpenelitiankualitatifdeskriptif. untukmendapatkan data
penulismenggunakan data primer dansekunder,
danuntukmetodepengumpulandatanyapenulismenggunakanwawancara,
observasidandokumentasi,
adapununtukpengecekankeabsahandatanyapenelitimenggunakanmetodetriangulasisumber
data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya pengelola untuk mengakulturasikan
program pesantren dan kurikulum dimadrasah aliyah nurus sholah bisa dikatakan berhasil. hal
ini dapat dilihat dari kondusif dan teraturnya program yang berjalan dan juga dampak bagi
peserta didik terlihat dari meningkatnya kemampuan peserta didik dari aspek kognitif, afektif
serta psikomotoriknya, sehingga tercapainya tujuan madrasah itu sendiri lebih terjamin
Tidak tersedia versi lain