Text
Analisis Swot Strategi Pemasaran Agen Sosis UD.Food Di Desa Pegantenan Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan,
Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Agen Sosis UD.Food
Agen sosis UD.Food merupakan usaha perseorangan yang berdiri pada tahun 2015.
Agen sosis UD.Food ini bergerak dibidang makanan, salah satunya yaitu aneka macam sosis
yang tentunya banyak macam sosis yang disukai oleh ibu-ibu, remaja maupun dewasa. Pemilik
agen sosis UD.Food (Bapak Syaiful Bahri) sudah memberikan pelayanan yang cukup serta
praktis kepada konsumen, karena konsumen bebas memilih sendiri sesuai apa yang inginkan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua topik yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini,
yaitu: pertama, bagaimana strategi pemasaran agen sosis UD.Food di Desa Pegantenan
Kabupaten. Pamekasan, kedua, bagaimana analisis swot strategi pemasaran agen sosis UD.
Food di Desa Pegantenan Kabupaten. Pamekasan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis
deskriptif. Sumber data yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.
Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur. Informannya adalah
pemilik usaha, karyawan dan reseller dan konsumen. Sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui perpanjangan tidak ikutsertaan, ketekunan pengamatan, proses tringulasi
dan, pengecekan sejawat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Strategi yang digunakan oleh agen
sosis UD.Food yaitu menggunakan marketing mix dimana strategi yang digunakan yaitu
strategi mulut kemulut yang dibantu oleh konsumen saat membeli sosis dan juga memberikan
banner yang hanya dipasang di depan toko saja sebagai informasi yang sederhana dan sebagai
petunjuk keberadaan agen sosis UD.Food. Kedua, terdapat faktor eksternal dan iternal. Faktor
internal yang ada di agen sosis UD.food yaitu kekuatan dan kelemahan. Kekuatannya yaitu
harga macam-macam sosis sudah dikatakan terjangkau dikalangan konsumen, penempatan
toko terletak dilokasi yang strategis, terdapat banyak macam-macam sosis yang dijual,
mengutamakan sosis yang paling banyak diminati, dan naiknya harga sosis tidak berpengaruh
pada penjulan sosis, jika itu memang banyak diminati oleh konsumen. Kelemahannya yaitu
kurangnya strategi pemasaran, kurangnya kualitas pelayanan, modal yang besar untuk
mengembangkan usaha, dan terdapat pesaing yang membuka usaha yang sama. Sedangkan
faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman. Peluang yang ada agen sosis UD.Food yaitu
mengikuti banyaknya permintaan sosis yang banyak laku di pasaran serta bisa membuka
cabang baru. Sedangkan yang menjadi ancaman yaitu tidak menjual aneka macam sosis roti
serta munculnya pesaing baru
Tidak tersedia versi lain