Text
Analisis Strategi Mengajar Dosen IPS Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Tadris IPS Semester Gasal IAIN Madura
Kata Kunci: Strategi, Motivasi, Belajar
Rendahnya motivasi belajar mahasiswa Tadris IPS semester 5 dapat terlihat
dari rendahnya tingkat partisipasi aktif mahasiswa didalam kelas saat pembelajaran
berlangsung dan juga dapat terlihat dari menurunnya indeks prestasi kumulatif yang
mereka miliki. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, faktor apa yang dapat
menurunkan motivasi belajar mahasiswa Tadris IPS semester 5 IAIN Madura;
kedua, strategi apa yang digunakan oleh Dosen IPS dalam mengajar mahasiswa
Tadris IPS semester 5 IAIN Madura; ketiga, bagaimana strategi yang dapat
meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Tadris IPS semester 5 IAIN Madura.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Informannya adalah dosen IPS, dan mahasiswa Tadris IPS semester
5. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan
pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Untuk analisis data, peneliti
menggunakan tiga teknik, yaitu; checking data, organizing (pengelompokan), dan
conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, faktor yang dapat
menurunkan motivasi belajar mahasiswa Tadris IPS semester 5 adalah kegiatan lain
yang dilakukan oleh mahasiswa diluar kegiatan perkuliahan, seperti mahasiswa
yang kuliah sambil bekerja, dan mahasiswa yang bergabung dalam organisasi.
Sistem pelaksanaan pembelajaran yang dijalankan pada saat ini juga mempengaruhi
motivasi belajar mahasiswa. Penjelasan materi pelajaran dengan sistem
pelaksanaan 1 mingu luring 1 minggu daring, mahasiswa mengaku bahwa motivasi
belajar mereka tidak konsisten. Kedua, strategi yang digunakan dosen IPS ketika
mengajar mahasiswa adalah dengan menciptakan suasana pembelajaran yang
menyenangkan dan dapat menarik minat dan semangat mahasiswa untuk belajar
ketika pembelajaran tatap muka di kelas. Dosen mempraktekkan beberapa metode
dalam pembelajaran dengan tujuan agar mahasiswa dapat mengetahui metode yang
cocok untuk diterapkan pada pembelajaran, sekaligus menjadi bekal mahasiswa
nanti ketika Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah. Selain metode diatas,
dosen juga mengaitkan materi pembelajaran dengan realita yang terjadi di
lingkungan sekitar. Dosen tidak hanya menggunakan E-learning sebagai media
absensi dan pengumpulan tugas, terdapat dosen yang juga menggunakan fitur
Google Drive sebagai media pembelajaran. Ketiga, strategi yang dapat
mengembalikan motivasi belajar mahasiswa Tadris IPS semester 5 yang mengalami
penurunan motivasi belajar adalah dengan melakukan pendekatan langsung kepada
mahasiswa, baik secara langsung di dalam kelas maupun di luar kelas. Mahasiswa
lebih termotivasi saat pelaksanaan sistem pembelajaran tatap muka. Mahasiswa
semangat saat pembelajaran berlangsung ketika dosen mudah akrab, sekaligus
mampu menciptakan suasana belajar yang menarik dan tidak terlalu kaku.
Mahasiswa lebih paham terhadap teori yang sedang dipelajari ketika dosen
langsung mempraktekkan teori tersebut. Peneliti menyarankan perlu adanya
perbaikan proses pembelajaran yang berlangsung. Selain itu, dosen hendaknya
lebih kreatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran diantaranya seperti
metode, pendekatan, media pembelajaran dan lain sebagainya untuk menghindari
rasa bosan yang dialami oleh mahasiswa. Selain itu, mahasiswa hendaknya lebih
peka terhadap tugas dan tanggung jawab yang sedang dipikulnya. Mahasiswa
hendaknya mempersiapkan terlebih dahulu materi yang akan dipelajari di kelas
dengan cara belajar, berdiskusi, atau bertanya kepada dosen apabila ada yang dirasa
sulit untuk dipahami, sehingga dari hal tersebut bisa mengembalikan bahkan
menambah motivasi belajar mahasiswa
Tidak tersedia versi lain