Text
Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Smudge Art Terhadap Volume Penjualan Dalam Perspektif Islam Di Toko Chand Pictures Pangarengan Sampang
Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk, Volume Penjualan
Harga dan kualitas produk menjadi salah satu faktor utama keputusan
konsumen membeli barang yang diinginkan. Terlebih lagi dengan adanya Ecommers membuat konsumen membandingkan harga dan kualitas ditoko satu
dengan toko yang lain. Islam sangat mengutamakan harga yang adil serta kualitas
yang baik yang merujuk pada halalan thoyyiban yaitu halal lagi baik. Seperti toko
Chand Pictures Pangarengan Sampang yang menjual produk desain grafis berupa
Smudge Art. Toko ini baru berdiri pada tahun 2019. Namun mengalami
peningkatan penjualan yang signifikan ditahun 2020. Padahal pada tahun 2020
ekonomi nasional maupun internasional mengalami penurunan akibat Covid-19.
Atas dasar itulah peneliti tertarik dengan judul “Pengaruh Harga Dan Kualitas
Produk Smudge Art Terhadap Volume Penjualan Dalam Perspektif Islam Di Toko
Chand Pictures Pangarengan Sampang”.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif dengan jenis
penelitian koreasonal. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 125 responden.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 responden. Adapun metode pemilihan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Random
Sampling. Data yang diperoleh merupakan data primer, yaitu hasil kuesioner
yang telah disebarkan. Pengujian statistik dalam penelitian ini menggunakan Uji
Kualitas Data (Uji Validitas Dan Uji Reliabilitas), Uji Asumsi Klasik ( Uji
Autokorelasi, Uji Heterokedastisitas, Dan Uji Normalitas), Dan Uji Hipotesis (Uji
F dan Uji T)
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. Pertama, Harga secara parsial
berpengaruh secara signifikan terhadap Volume Penjualan dengan nilai t hitung
2,102 > t tabel 2,04841 dan angka signifikansi 0,044 < α = 0,05. Kedua, Kualitas
Produk secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap Volume Penjualan
dengan nilai t hitung 5,023 > t tabel 2,04841 dan angka signifikansi 0,000 < α =
0,05. Dan ketiga, Harga dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh
signifikan terhadap volume penjualan dengan nilai F hitung 29,847 > F tabel 4,19
dan angka signifikansi 0,000 < α = 0,05. Dalam islam konsep harga ditetapkan
secara adil dengan rela sama rela antara penjual dan pembeli. Kualitas produk
yang baik sangat dianjurkan dalam islam yang mana merujuk pada prinsip
halalan thoyyiban yaitu halal lagi baik dan bermanfaat
Tidak tersedia versi lain