Text
Pendidikan Islam Multikultural (Studi Analisis Terhadap Pemikiran Azyumardi Azra)
Kata Kunci : Pendidikan Multikultural, Azyumardi Azra,
Pendidikan Islam Multikultural adalah model pendidikan yang dipercaya
menjadi sarana efektif dalam menanamkan nilai multi kultur kepada peserta didik
sehingga ia diharapkan dapat menerima dan meghormati segala macam perbedaan
yang ada sebagai suatu keniscayaan dan sunnatullah. Azyumardi Azra merupakan
sosok pembaharu dalam dunia pendidikan Indonesia yang concern dalam diskusidiskusi tentang pluralisme, dan multikultural sehingga pemikiran-pemikirannya
menganai model pendidikan Islam multikultural sangat penting untuk dikaji.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pendidikan Islam
Multikultural dalam prespektif Azyumardi Azra. Ada 2 fokus kajian dalam
penelitian ini meliputi; Pertama, konsep Pendidikan Islam Multikultural dalam
prespektif Azyumardi Azra. Kedua, nilai-nilai Pendidikan Islam Multikultural
dalam prespektif Azyumardi Azra. Pendekatan penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dan termasuk jenis penelitian studi pustaka, yang
memerlukan olahan kebermaknaan secara filosofis, teoritis yang terkait dengan
nilai.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, Pendidikan Islam
Multikultural dalam prespektif Azyumardi Azra berorientasi kepada
pembentukan manusia yang beriman, bertaqwa, menjadi ahli-ahli yang kompeten,
menerima terhadap keragaman budaya yang ada dalam merespons perubahan
demografi dan kultur lingkungan masyarakat. Sedangkan tujuan akhirnya adalah
dimilikinya pengetahuan, sikap dan tindakan yang toleran terhadap berbagai
macam perbedaan yang ada. Tujuan kurikulum Pendidikan Islam multikultural
diarahkan kepada pembentukan manusia yang memiliki wawansan Islam
wasathiyah. Konten kurikulum Pendidikan Islam multikultural harus berisikan; 1)
memiliki unsur kearifan dengan menuai kedamaian. 2) mampu menarasikan aspek
kebangsaan. 3) mencangkup subjek multikultural seperti; toleransi, ethno kultual,
agama, mediasi, HAM, demokrasi dan pluralitas. Metode yang relevan adalah
denganactive learning. Sedangkan urgensinya adalah sebagai langkah yang
strategis untuk menanggulangi fenomena eksterimisme dan radkalisme. Kedua,
Adapun nilai-nilai Pendidikan Islam Multikultural menurut Azyumardi Azra
meliputi; 1) Tasaamuh/toleransi, 2) Wasathiyah/moderat, 3) Takriim/saling
menghormati, 4) Humanity/ kemanusiaan, 5) Perdamaian.
Tidak tersedia versi lain