Text
Pendidikan Moderasi Agama Sejak Usia Dini (Studi Pemikiran Imam Al-Ghazali Pada Kitab Ayyuha Al-Walad)
Kata Kunci: Pendidikan Moderasi, Al Ghazali, Ayyuhal Walad, Usia Dini
Konsep moderasi agama dalam pandangan al-Ghazali di dalam kitabnya
ayyuha al-Walad diantaranya berupa cinta kasih antar sesama, harmoni,
keseimbangan, keadilan, dan potensi moderasi lainnya. Selama ini, dalam jagad
akademik, Imam Al-Ghazali dikenal sebagai ilmuwan yang mahir dalam berbagai
bidang keilmuan. Sehingga, sejumlah akademisi dengan sudut pandang
keilmuannya, menjadikan al-Ghazali sebagai objek kajian keilmuan yang
multikajian (multikeilmuan). Mulai dari kajian sosiologi, filsafat, fiqih, mistisakademisi, teolog, dan pendidikan. Faktanya, dalam sejarah kehidupan Imam alGhazali, beliau memang menjalani rihlah (travelling) keilmuan yang plural. Jagad
keilmuan sang Imam menjadi tesis dan antitesis membaca dan menggambarkan
kehidupan al-Ghazali sebagai Ulama besar yang banyak berkontribusi kepada
dunia Islam.
Adapun fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana konsep pendidikan
moderasi agama menurut Imam al-Ghazali yang ada di dalam kitab Ayyuha alWalad? 2. Apa saja nilai-nilai pendidikan moderasi agama yang tertuang di dalam
kitab Ayyuha al-Walad karya Imam al-Ghazali? 3. Bagaimana strategi
menanamkan ajaran moderasi agama sejak usia dini menurut Imam al-Ghazali
yang ada di dalam kitab Ayyuha al-Walad?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian kepustakaan. Sumber data primernya adalah kitab Ayyuhal Walad karya
Imam al-Ghazali dan sumber sekundernya berupa berupa kitab, buku, atau
dokumen-dokumen lainnya yang menunjang dan berkaitan dengan kitab Ayyuhal
Walad, pendidikan moderasi, kerukunan beragama, dan silaturrahim.
Hasil penelitian menegaskan abhwa: 1) Pendidikan moderasi menurut
pemikiran Imam al-Ghazali di dalam kitab Ayyuhal Walad bertitik tumpu kepada
kesadaran untuk n, mencintai, dan memuliakan orang lain seperti memahamai,
mencintai, dan memuliakan diri sendiri. 2) Nilai-nilai pendidikan moderasi
menurut pemikiran Imam al-Ghazali di dalam kitab Ayyuhal Walad meliputi:
sifat kasih sayang (arrahmaniyah), adil (al-‘adl), toleran (arrahmaniyah), tidak
berlebihan (at tawasuth). 3) Strategi menanamkan pendidikan moderasi menurut
pemikiran Imam al-Ghazali di dalam kitab Ayyuhal Walad bisa dilakukan
melalui: lembaga pendidikan formal, keluarga, dan pembiasaan dalam kehidupan
sehari-hari
Tidak tersedia versi lain