Text
Pendidikan Tauhid dalam al-Qur’an Surat alAn’a>m Ayat 74-81 Perspektif Tafsir Ibnu Katsir
Kata Kunci: Pendidikan tauhid, Q.S. al-An’a>m Ayat 74-81.
Munculnya stigmatisasi bahwa pendidikan telah gagal mengembangkan
potensi yang dimiliki manusia karena pendidikan masa kini dianggap hanya
mengedepankan konseptual dari pada nilai-nilai keagamaan (tauhid). Seharusnya
pendidikan selaku sarana untuk mengembangkan potensi manusia mampu
memberikan keseimbangan antara kecerdesan intelektual, emosional dan juga
spiritual dan bahkan penanaman nilai-nilai keagamaan (religiusitas) harus sangat
ditekankan agar tercipta manusia yang beriman dan bertaqwa. Kurangnya suri
tauladan yang baik dari civitas pendidikan, keluarga dan sosial masyarakat
adalah salah satu penyebab kegagalan itu sendiri. Lingkungan pendidikan
seharusnya bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk membentuk pribadi yang
kokoh dalam aqidah (beriman dan bertaqwa). Oleh karenannya, kita perlu belajar
dari umat terdahulu seperti Nabi Ibrahim a.s. dalam menanamkan pendidikan
tauhid sebagaimana termaktub dalam QS. al-An’a>m Ayat 74-81 dengan mengkaji
Tafsir Ibnu Katsir.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana konsep pendidikan
tauhid yang terkandung dalam al-Qur’an surat al-An’a>m ayat 74-81 persepektif
tafsir Ibnu Katsir? Bagaimana relevansi pendidikan tauhid yang terkandung
dalam al-Qur’an surat al-An’a>m ayat 74-81 persepektif tafsir Ibnu Katsir dengan
Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Aliyah? Dan Bagaimana hikmah
pendidikan tauhid yang terkadung dalam al-Qur’an surat al-An’a>m ayat 74-81
persepektif tafsir Ibnu Katsir? Untuk menjawab permasalahan ini, dilakukan
penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library
reseach). Sumber data diperoleh dari data-data primer, yaitu Tafsir al-Qur’an alKari>m karya al-Hafidz ‘Imaduddin abu al-Fida’ Ismail bin ‘Amr bin Katsir bin
Dhau bin Katsir bin Zar al-Bashri al-Dimasydqi yang dikenal dengan Tafsir Ibnu
katsir serta data skunder yang meliputi kitab, buku, jurnal, dan tulisan-tulisan
lainnya yang menyangkut pendidikan tauhid dan penafsiran QS. al-An’a>m ayat
74-81. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah
dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya dalam penulisan ini adalah Content
Analysis atau analisis isi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, konsep pendidikan tauhid
yang terkandung dalam QS. al-An’a>m ayat 74-81 ada dua, yaitu konsep tauhid
Ulu>hiyyah dan tauhid Rubu>biyyah. Tauhid Ulu>hiyyah terkandung dalam ayat 74,
79, 80, dan 81, sedangkan tauhid Rubu>biyyah terkandung dalam ayat 75, 76, 77,
dan 78; kedua, Pendidikan tauhid yang terkandung dalam QS. al-An’a>m ayat 74-
81 memiliki relevansi dengan Materi Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah
sebagaimana dalam materi kurikulum mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X
Tidak tersedia versi lain