Text
Nilai-nilai pendidikan anti radikalisme dalam Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 edisi revisi pada jenjang Sekolah Menengah Atas,
Kata Kunci : Radikalisme, Buku PAI dan Budi Pekerti, Sekolah Menengah Atas.
Penyebaran paham radikalisme begitu cepat melalui dakwah-dakwah yang
dilakukan di rumah-rumah ibadah, pengajian, tempat strategis lainnya termasuk
juga lembaga pendidikan seperti SMP dan SMA. Pendidikan sebagai sarana
belajar mengajar mempunyai peran penting baik dalam hal penyebaran maupun
penangkalan paham radikalisme. Melalui lembaga pendidikan, pemerintah dapat
memberikan materi yang bernuansa anti radikalisme yang termuat dalam buku
teks sebagai bentuk upaya preventif pencegahan paham radikalisme menyebar
dikalangan siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kandungan materi
pembelajaran dalam buku PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 jenjang SMA
ditinjau dari perspektif nilai-nilai anti radikalisme?, (2) Bagaimana pola penyajian
nilai-nilai anti radikalisme dalam buku PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013
jenjang SMA?. Untuk menjawab permasalahan ini, penelitian dilakukan dengan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research). Tehnik
pengumpulan data menggunakan tehnik dokumenter. Data penelitian yang
terkumpul dideskripsikan secara mendetail kemudian dianalisis berdasarkan teoriteori pendidikan dengan menggunakan content analysis (analisis isi), selanjutnya
diinterpretasikan dalam sebuah kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, buku siswa PAI dan Budi
pekerti kelas X dari 11 bab hanya terdapat 1 bab yang memuat nilai-nilai
pendidikan anti radikalisme, Kelas XI dari 11 bab terdapat 2 bab yang
mengandung nilai-nilai pendidikan anti radikalisme, sementara untuk kelas XII
dari 11 bab hanya terdapat 1 bab yang memuat nilai-nilai pendidikan anti
radikalisme. Kedua, Pola penyajian nilai-nilai pendidikan anti radikalisme dalam
buku PAI dan budi pekerti Kurikulum 2013 jenjang SMA diintegrasikan ke dalam
empat komponen pembelajaran PAI, yaitu tujuan pembelajaran, materi
pembelajaran, pengalaman belajar, dan evaluasi pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain