Text
Konsep Pendidikan Anak Berbasis Nilai Humanistik dalam perspektif ‘Abdullāh Nāshih ‘Ulwān (Studi Analisis terhadap kitab Tarbiyah Al-awlād fī Al-Islām)
Kata kunci: konsep pendidikan anak, nilai humanistik, tarbiyah al-awlād fī alislām
Kajian tentang konsep pendidikan anak sudah banyak ditemukan
dengan bermacam-macam perspektif, salah satunya adalah perspektif ‘Abdullah
Nāshih ῾Ulwān. ῾Ulwān termasuk pendidik yang produktif untuk masalahmasalah dakwah, syariah dan bidang tarbiyah. Sebagai spesialisasinya, ia dikenal
sebagai seorang penulis yang selalu memperbanyak fakta-fakta Islami, baik yang
terdapat dalam Al-qur’an, Sunnah, dan atsar-atsar para salaf yang shaleh terutama
dalam bukunya yang berjudul Tarbiyah al-awlād fī al-Islām yang dapat dijadikan
salah satu rujukan yang tepat bagi segala macam kebutuhan yang berkaitan
dengan bimbingan kependidikan anak dan generasi muda sebagai penerus cita-cita
bangsa yang berkepribadian luhur dan bertaqwa. Hal ini mengingat muatannya
yang serat dengan berbagai problematika moral dan kependidikan dengan dalil
naqli atau wahyu di samping argumentasi yang sangat rasional dan sesuai dengan
perkembangan masa kini.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah; bagaimana konsep
pendidikan anak berbasis nilai humanistik dalam perspektif ‘Abdullah Nāshih
῾Ulwān? bagaimana relevansi konsep pendidikan anak berbasis nilai humanistik
dalam perspektif ‘Abdullah Nāshih ῾Ulwān dalam kurikulum PAI pendidikan
dasar di Indonesia? Untuk menjawab permasalahan ini, dilakukan penelitian
dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (Library
Research). Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi atau
dokumenter dengan mencari variabel yang berhubungan dengan konsep
pendidikan anak berbasis nilai humanisik. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan anak berbasis
nilai humanistik dalam perspektif ‘Abdullah Nāshih ῾Ulwān mencakup akal sehat
(ُ ,)اَل ِّص َّحةُ ا ْلعَ ْق ِّليَةindividualisme menuju kemandirian (ُ ,)اَ ْل َم ْس ُؤ ْو ِّليَةdan
pendidikan sosial )ُ ,(التَّ ْربِّيَةُ ا ِّلإ ْجتِّ َما ِّعيَةsedangkan relevansi konsep pendidikan
anak berbasis nilai humanistik dalam kurikulum PAI pendidikan dasar di
Indonesia di antaranya: a). Rentang usia anak perspektif ‘Ulwān sesuai dengan
visi misi pemerintah mengenai wajib belajar 9 tahun. b). Nilai humanistik dalam
kitab Tarbiyah Al-awlād Fī Al-Islām perspektif ‘Ulwān menyentuh setiap aspek
materi pokok kurikulum PAI pendidikan dasar di Indonesia.
Tidak tersedia versi lain