Text
Peran Tenaga Administrasi Madrasah dalam Proses Pendidikan di MAN Sampang,
Kata Kunci: Tenaga Administrasi, Proses Pendidikan
Penelitian ini di latar belakangi, mengenai tidak adanya uraian tugas secara
detail terhadap tenaga administrasi, mengakibatkan data yang dibutuhkan belum
tentu secara langsung dapat tersedia, karena masing-masing staf tenaga administrasi
tidak memahami pihak mana yang bertanggung jawab terhadap data yang dimaksud
atau dibutuhkan, mengakibatkan layanan kepada pegawai dan siswa terlambat dan
terkesan terburu-buru dalam proses pendataan. Selain itu tenaga administrasi
madrasah tidak sesuai dengan kualifikasi ijazah, masih terdapat rangkap jabatan,
kurangnya pelatihan (Diklat) dan juga beberapa pekerjaan yang seharusnya selesai,
namun masih membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya.
Fokus dalam penelitian ini yaitu: a) Bagaimana peran tenaga administrasi
madrasah dalam proses pendidikan di MAN Sampang, b) Apa faktor pendukung
dam faktor penghambat peran tenaga administrasi madrasah dalam proses
pendidikan di MAN Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
fenomenologis. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sedangkan informannya adalah kepala sekolah, Kepala TU dan Siswa
MAN Sampang. Sedangkan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, uraian rinci, Triangulasi dan Auditing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a. Peran tenaga administrasi madrasah
dalam proses pendidikan di MAN Sampang, yaitu 1) Membagi tugas dan pekerjaan
sesuai fungsinya, 2) Membuat rencana kerja agar penentuan tujuan non pendidikan
seimbang dengan kegiatan pendidikan yang diselenggarakan, 3) Kepala staf TU
mengoptimalkan peran dan fungsi tenaga administrasi dalam beberapa bidang, 4)
Tenaga administrasi membantu guru dengan menyediakan aplikasi penilaian, 5)
Tenaga administrasi membantu Waka. Kurukulum dalam proses pembuatan jadwal
pelajaran dan pendistribusiannya. b. faktor pendukung dan faktor penghambat
peran tenaga administrasi madrasah dalam proses pendidikan di MAN Sampang
yaitu, 1) Faktor pendukung meliputi; a) Adanya kerjasama yang solid antar staf
tenaga administrasi, b) Adanya kepercayaan dan pemberian wewenang secara
penuh oleh kepala madrasah, c) Kepala madrasah dan kepala TU selalu
memberikan sugesti dan motivasi, d) Adanya jaringan Wifi. 2) Faktor penghambat
yang meliputi; a) Minimnya jumlah tenaga administrasi yang kompeten, b)
Keterlambatan berkas oleh guru dan siswa, c) Tata ruang yang kurang kondusif dan
juga penuh dengan berkas dan arsip
Tidak tersedia versi lain