Text
Analisis Strategi Pelayanan Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Anggota di BMT NU Cabang Camplong
Kata kunci :Strategi Pelayanan, Kepuasan Anggota.
BMT NU Cabang Camplong merupakan salah satu lembaga keuangan
syariah yang tentunya juga memiliki sistem pelayanan untuk kemajuan BMT NU
Cabang Camplong sendiri. Perkembangan dan persaingan yang semakin ketat
mengharuskan BMT NU Camplong untuk terus berinovasi demi memenuhi
keinginan anggotanya. Karena kebanyakan anggota selalu menginginkan
pelayanan yang diterima dapat memberikan kepuasan seperti yang diinginkan.
Sekalipun ada anggota yang tidak terlalu memperdulikan tentang tentang kualitas
pelayanan, pihak BMT harus terus selalu memberikan pelayanan yang sebaik
mungkin kepada semua anggota.
Menciptakan kepuasan anggota merupakan hal yang tidak mudah karena
transaksinya berupa jasa yang bersifat tidak nyata, untuk itu BMT NU Camplong
harus menggunakan berbagai macam strategi pelayanan guna memberikan
kepuasan kepada anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)
Bagaimana pelayanan yang dilaksanakan di BMT NU Cabang Camplong, 2)
Bagaimana gambaran kepuasan anggota pada BMT NU Cabang Camplong.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data dengan cara penelitian lapangan, sedangkan alat yang
digunakan umtuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data yang dipergunakan adalah analisis data yang bersifat
kualitatif. Narasumbernya adalah Kepala Cabang, Teller, dan Nasabah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BMT NU Cabang Camplong
memberikan tiga bentuk pelayanan jasa diantaranya: pelayanan antar jemput bola,
pelayanan online, pelayanan di kantor. Gambaran kepuasan yang dirasakan oleh
anggota BMT NU Cabang Camplong, mereka cenderung merasa sangat puas akan
pelayanan yang diberikan oleh BMT NU Cabang Camplong terlihat dari
banyaknya anggota yang aktif menabung setiap harinya
Tidak tersedia versi lain