Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi dan Bagi Hasil Terhadap Minat Anggota dalam Menggunakan Produk SIBER (Simpanan Berjangka) di KSPPS Nuri Jatim Cabang Waru
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Persepsi, Bagi Hasil, Minat Anggota
KSPPS Nuri Jatim saat ini memiliki beberapa produk unggulan yang banyak diminati masyarakat, salah satunya yaitu produk SIBER. Produk SIBER
merupakan simpanan dengan jangka waktu tertentu yang disepakati bersama oleh
pihak penyimpan dan KSPPS Nuri Jatim dengan akad mudharabah. Dibalik minatnya anggota menggunakan produk SIBER, tentunya terdapat kualitas pelayanan
yang baik, persepsi dan bagi hasil dalam pengambilan keputusan anggota untuk
memilih produk SIBER. Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh kualitas pelayanan, persepsi dan bagi hasil terhadap minat aggota dalam
menggunakan produk SIBER (Simpanan Berjangka) di KSPPS Nuri Jatim
Cabang Waru.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu
menggunakan analisis statistik dan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh anggota pada produk SIBER (Simpanan Berjangka) di KSPPS Nuri Jatim Cabang Waru sebanyak 1465 anggota. Sedangkan untuk penentuan sampel, peneliti menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel yang berjumlah 94 anggota. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
nonprobability sampling dengan metode Accidental sampling. Sedangkan teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap minat anggota dalam menggunakan
produk SIBER di KSPPS Nuri Jatim Cabang Waru, dengan nilai thitung 2,662 >
ttabel 1,987 dan nilai sig 0,009 < 0,05. Variabel persepsi memiliki pengaruh positif
terhadap minat anggota dalam menggunakan produk SIBER di KSPPS Nuri Jatim
Cabang Waru, dengan nilai thitung 2,387 > 1,987 dan nilai sig 0,019 < 0,05. Variabel bagi hasil tidak memiliki pengaruh positif terhadap minat anggota dalam
menggunakan produk SIBER di KSPPS Nuri Jatim Cabang Waru, dengan nilai
thitung -1,181 < ttabel 1,987 dan nilai sig 0,241 > 0,05. Secara simultan kualitas pelayanan, persepsi dan bagi hasil berpengaruh terhadap minat anggota dalam
menggunakan produk SIBER di KSPPS Nuri Jatim Cabang Waru, dengan nilai
Fhitung 21,373 > Ftabel 2,70 dan nilai sig 0,000 < 0,05
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain