Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada Masa Pandemi Covid-19
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah
Pada dasarnya unsur-unsur dari kualitas pelayanan akan menciptakan
kepuasan dan loyalitas bagi para pelanggan. Kualitas pelayanan haruslah optimal
dan diharapkan akan mampu memenuhi harapan pelanggan, sehingga
menciptakan kepuasan dan loyalitas perusahaan guna menjaga kelangsungan
hidup suatu perusahaan ditengah merebaknya virus covid-19. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas
Nasabah BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan dengan Kepuasan Nasabah
Sebagai Variabel Intervening Pada Masa Pandemi Covid-19.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah populasi nasabah
BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan sebanyak 14.682 nasabah.
Pengambilan jumlah sampel sebanyak 99 nasabah menggunakan Accidental
Sampling, teknik penentuan berdasarkan kebetulan. Alat analisis pada penelitian
ini menggunakan bantuan SPSS versi 23. Metode analisis yang digunakan adalah
analisis regresi, uji kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi
klasik (uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, uji
heteroskedastisitas) dan analisis jalur (Path Analisis).
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, Kualitas
pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah di
BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan dengan signifikan sebesar 0,000 <
0,05 dan nilai thitung 6,633 > ttabel 1,660. Kedua, kualitas secara parsial berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang
Pamekasan dengan signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 7,223 > ttabel 1,661,
sedangkan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan dengan signifikan
sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 117,743 > Ftabel3,090 . Ketiga, kepuasan
nasabah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah di BPRS
Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan
nilai thitung 7,195 > ttabel 1,661, sedangkan kepuasan nasabah secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah di BPRS Bhakti Sumekar
Cabang Pamekasan dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung
117,743 > Ftabel3,090. Keempat, hasil Path Analisis atau analisis intervening
menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh tidak langsung terhadap
loyalitas nasabah BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan. hal ini dibuktikan
dengan nilai Zvalue sebesar 69,6236 lebih besar dari pada nilai Ztabel 1,96
Tidak tersedia versi lain