Text
Pengaruh Penerapan Program Kegiatan Literasi Pojok Baca terhadap Pembentukan Motivasi Belajar Siswa di SDN Tobungan 2 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: pojok baca, motivasi, belajar
Seiring dengan perkembangan akan zaman yang semakin pesat membuat
program-program literasi kini banyak diminati oleh para guru di sekolah-sekolah
terutama di sekolah dasar. Sekolah dasar adalah sekolah yang paling tepat untuk
menerapkan program literasi karena program literasi harus di tanamkan pada anak
sedini mungkin. Salah satunya di implementasikan dengan penerapan program
kegiatan rutin seperti halnya pojok baca. pojok baca adalah perpustakaan mini
yang memamfaatkan sudut ruang kelas yang berada di bagian belakang pada
setiap masing-masing kelas. Di tempat tersebut terdapat beberapa koleksi bukubuku yang biasanya di sesuaikan dengan tingkatan masing-masing kelas seperti
buku tentang pendidikan, ilmu pengetahuan, buku-buku fiksi dan beberapa
koleksi buku siswa. Salah satu sekolah yang sudah menerapkan program pojok
baca yaitu SDN Tobungan 2. Setelah melakukan observasi awal, bahwasannya
kegiatan ini sudah menjadi program kegiatan rutinitas yang di lakukan setiap hari
di sekolah tersebut. Waktu dan bentuk pelaksanaan program kegiatan literasi ini di
lakukan selama lima belas menit setelah bel berbunyi, Sehingga program ini di
namakan dengan program literasi pojok baca.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengtahui ada tidaknya pengaruh
dan juga untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari pelaksanaan program
kegiatan literasi pojok baca terhadap pembentukan motivasi belajar siswa di SDN
Tobungan 2.
Jenis pendekan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan kuantitatif yang bersifat penelitian korelasi (research correlation).
Peneliti menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa, wawancara tidak
terstruktur, dokumentasi, dan penyebaran koesioner angket. pengumpulan data
berupa wawancara didapat informasi dari kepala sekolah mengenai pelaksanaan
kegiatan pojok baca. untuk pengumpulan data berupa dokumentasi didapat hasil
berupa profil sekolah dll. Pengumpulan data berupa angket untuk menjawab
adakah pengaruh literasi pojok baca terhadap motivasi belajar siswa dengan
analisis data menggunakan korelasi product moment, yang di lakukan pada
sampel 14 responden dengan mengguna tenkhnik pengambilan sampel secara
acak ( rondom sampling) didapatkan hasil rhitung sebesar = 0.935 > 0.532 dengan
taraf signifikan 5% N = 14. karena rhitung > rtabel, sehingga pelaksanaan program
kegiatan literasi pojok baca dinyatakan ada pengaruh, menerima Ha. Sedangkan
untuk menjawab seberapa besar pengaruh dari penerapan program kegiatan
literasi pojok baca terhadap pembentukan motivasi belajar siswa, peneliti
menggunakan uji koefisien determinasi yang menyatakan bahwa pojok baca
sebagai variabel X dapat memberikan kontribusi terhadap pemebutkan motivasi
belajar siswa sebagai varibel Y sebesar 87%
Tidak tersedia versi lain