Text
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN Kramat I Tlanakan Pamekasan
Kata kunci: Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Metode Tanya
Jawab.
Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan
munculnya “feeling” dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.
Motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa
yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan
belajar dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang
dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai.
Menurut Sardiman, ada tiga fungsi motivasi, yaitu: Pertama Mendorong manusia
untuk berbuat, jadi sebagai penggerak atau motor yang melepaskan energi. Kedua
Menentukan arah perbuatan. Ketiga Menyeleksi perbuatan. Di samping itu, ada
juga fungsi-fungsi lain. Motivasi dapat berfungsi sebagai pendorong usaha dan
pencapaian prestasi. Sesorang melakukan suatu usaha karena adanya motivasi.
Adanya motivasi yang baik dalam belajar akan menunjukkan hasil yang baik.
Metode Tanya jawab adalah metode mengajar yang memungkinkan terjadinya
komonikasi langsung yang bersifat two way traffic pada saat yang sama terjadi
dialog antara guru dan peserta didik. Dalam komonikasi ini terlihat adanya
hubungan timbal balik secara langsung antara guru. Maka untuk menciptakan
kehidupan interaksi mengajar mengajar perlu guru menimbulkan teknik Tanya
jawab atau dialog untuk memberi motivasi pada siswa agar bangkit pemikirannya
untuk bertanya..
Memahami bahasa sebagai media aktivitas aktif dan kreatifini didasarkan pada
pemahaman latar belakang kebahasaan siswanya dan keaktifan guru dalam
memerankan bahasa sebagai penyampaian materi dan berkomunikasi dengan
siswa, kedua aspek ini harus diperhatikan ketika melakukan kegiatan
pembelajaran.
Bahasa bukan sekedar alat komunikasi, melainkan juga sarana berfikir atau
bernalar dan sekaligus sebagai sarana mengungkapkan perasaan, pikiran, atau
gagasan seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa yang baik dan benar
menunjukkan penalaran yang baik dan benar pula. Pembelajaran bahasa Indonesia
SD diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam
berkomunikasi dengan baik, baik secara lisan atau tulisan. Disamping itu, dengan
pembelajaran bahasa Indonesia juga diharapkan dapat menumbuhkan apresiasi
siswa terhadap hasil karya sastra Indonesia
Tidak tersedia versi lain