PERPUSTAKAAN IAIN MADURA

Perpustakaan Religius dan Kompetitif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Pembelajaran Media VCD dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Terhadap Mata Pelajaran IPS di SMPN 2 Larangan

QURROTA A'YUNI - Nama Orang;

Kata Kunci: Media VCD, Mata Pelajaran IPS, Motivasi Belajar
Media VCD merupakan salah satu media audio visual yang bisa
digunakan dalam membantu proses belajar mengajar. Ada tiga permasalahan yag
menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: (1) untuk mengetahui peranan
media pembelajaran VCD dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa
terhadap mata pelajaran IPS di SMPN 2 Larangan (2) untuk mengetahui fungsi
media pembelajaran VCD dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa
terhadap mata pelajaran IPS di SMPN 2 Larangan (3) faktor pendukung dan
penghambat media pembelajaran VCD dalam upaya meningkatkan motivasi
belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS di SMPN 2 Larangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru IPS, dan siswa.
Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan,
ketekunan pengamatan, dan triagulasi. Untuk analisis data menggunakan teknik,
yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peranan media VCD dalam
pembelajara IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, ha ini dapat dilihat
dari antusias siswa dalam menyimak pelajaran dan ketanggapan siswa dalam
menjawab pertanyaan dari guru; (2) Fungsi dari penggunaan media VCD adalah
untuk menjelaskan atau memvisualisasikan suatu materi yang sulit dipahami jika
hanya menggunakan ucapan verbal, mempermudah memahami dan mengingat
informasi, serta membantu siswa yang lemah dan lambat menerima pelajaran
yang disajikan secara verbal atau teks.; dan (3) Faktor pendukung peranan media
VCD dalam pembelajaran IPS; tersedianya sarana di sekolah, tersedianya waktu
untuk menggunakan media, minat dan respon siswa, kemampuan guru dalam
pembuatan dan menggunakan media, dan kedisiplinan guru. Sedangkan faktor
penghambatnya adalah siswa yang terlambat, siswa yang tidak membawa buku,
kurangnya ketrampilan guru dalam membuat media, terbatasnya sarana di
sekolah.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 182021069 QUR P
182021069
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182021069 QUR P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
X+69, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
182021069
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Motivasi Belajar
SKRIPSI TIPS 2021
Info Detail Spesifik
069
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN IAIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?