Text
Penerapan Pembelajaran Media VCD dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Terhadap Mata Pelajaran IPS di SMPN 2 Larangan
Kata Kunci: Media VCD, Mata Pelajaran IPS, Motivasi Belajar
Media VCD merupakan salah satu media audio visual yang bisa
digunakan dalam membantu proses belajar mengajar. Ada tiga permasalahan yag
menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: (1) untuk mengetahui peranan
media pembelajaran VCD dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa
terhadap mata pelajaran IPS di SMPN 2 Larangan (2) untuk mengetahui fungsi
media pembelajaran VCD dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa
terhadap mata pelajaran IPS di SMPN 2 Larangan (3) faktor pendukung dan
penghambat media pembelajaran VCD dalam upaya meningkatkan motivasi
belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS di SMPN 2 Larangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru IPS, dan siswa.
Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan,
ketekunan pengamatan, dan triagulasi. Untuk analisis data menggunakan teknik,
yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peranan media VCD dalam
pembelajara IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, ha ini dapat dilihat
dari antusias siswa dalam menyimak pelajaran dan ketanggapan siswa dalam
menjawab pertanyaan dari guru; (2) Fungsi dari penggunaan media VCD adalah
untuk menjelaskan atau memvisualisasikan suatu materi yang sulit dipahami jika
hanya menggunakan ucapan verbal, mempermudah memahami dan mengingat
informasi, serta membantu siswa yang lemah dan lambat menerima pelajaran
yang disajikan secara verbal atau teks.; dan (3) Faktor pendukung peranan media
VCD dalam pembelajaran IPS; tersedianya sarana di sekolah, tersedianya waktu
untuk menggunakan media, minat dan respon siswa, kemampuan guru dalam
pembuatan dan menggunakan media, dan kedisiplinan guru. Sedangkan faktor
penghambatnya adalah siswa yang terlambat, siswa yang tidak membawa buku,
kurangnya ketrampilan guru dalam membuat media, terbatasnya sarana di
sekolah.
Tidak tersedia versi lain