Text
Implementasi Pendidikan karakter Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Al-Djufri Blumbungan
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan karakter, Siswa
Implementasi pendidikan karakter siswa merupakan suatu tindakan yang
dilakukan untuk memelihara dan menumbuhkan watak, sikap, akhlak dan budi
pekerti kepada peserta didik. Oleh karena itu, implementasi pendidikan karakter
dilakukan untuk membentuk karakter siswa dari perilaku-perilaku yang dilakukan
setiap hari supaya siswa memiliki sikap dan karakter yang baik.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi
pokok dalam penelitian, yaitu: pertama, bagaimana implementasi pendidikan
karakter siswa kelas 3 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di MI AlDjufri Blumbungan, kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat
implementasi pendidikan karakter siswa kelas 3 pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam di MI Al-Djufri Blumbungan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama implementasi pendidikan
karakter siswa kelas 3 yaitu dengan cara mencontohkan perilaku dan sikap yang
baik terhadap sesama, dan juga pembiasaan membca do’a, membaca asmaul
husna, dan surat-surat pendek sebelum pelajaran dimulai. Kedua, faktor
pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter siswa kelas 3 yaitu
ada beberapa hal. Untuk faktor pendukung yaitu buku pelajaran pendidikan agama
Islam, visi dan misi, dan lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya
ialah ketika sudah tidak dalam pantauan sekolah, lingkungan, keluarga, dan faktor
dari anak itu sendiri
Tidak tersedia versi lain