Text
Penggunaan Media Picture And Pcture Untuk Memotivasi Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III DI MI Bustanul Mubtadiin Proppo Pamekasan
Kata Kunci : Media Picture And Picture, Motivasi, Aktivitas Belajar Siswa
Penguasaan model pembelajaran bagi guru sangatlah penting. Maka dari itu guru harus
menggunakan metode yang menyenangkan bagi siswa sehingga pelajaran dapat diterima dengan
perasaan senang dan tidak akan mudah dilupakan oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi di MI
Bustanul Mubtadiin khususnya kelas III, membuktikan bahwa dalam proses pembelajaran sudah
menggunakan media gambar sehingga pembelajaran tersebut tidak membosankan bagi siswa.
Tujuan diadakannya penelitian di MI Bustanul Mubtadiin merupakan ketertarikan
peneliti terhadap penggunaan media pictur and picture, peneliti ingin mengetahui keefektifan
pembelajaran tersebut serta ingin mengetahui alasan MI Bustanul Mubtadiin memilih media
picture and picture sebagai model pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif, Jenis penelitian deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan
datanya melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi data.
Hasil penelitian ini adalah bahwa : 1) Proses penggunaan media picture and picture
dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari daftar
pembanding antara pembelajaran sebelum menggunakan media picture and picture dan sesudah
menggunakan picture and picture. Dari daftar tersebut menunjukkan bahwa MI Bustanul
Mubtadiin telah berhasil menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bisa dikatakan
berhasil. 2) Gambaran aktivitas belajar siswa dalam menggunakan media picture and picture
sudah mencapai ke efektivitasan. Hal ini juga bisa dilihat dari pembanding keaktifan siswa pada
saat mengikuti pembelajaran. Pembelajaran yang diberkan guru bisa dikatakan berhasil
Tidak tersedia versi lain