Text
Pengaruh Peran Orang Tua Selama Belajar di Rumah Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 Kelas III di SD Negeri Montok 1 Pamekasan
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa, Pandemi Covid-19
Di masa pandemi Covid-19, guru dan siswa tidak diperkenankan untuk
melaksankaan proses belajar mengajar secara tatap muka. Pembelajaran di
laksanakan secara daring maupun luring atau pembelajaran jarak jauk (PJJ).
Dengan demikian, guru dan siswa melaksanakan proses pembelajaran di rumah
masing-masing. Selama siswa belajar di rumah, peran orang tua sangat
dibutuhkan sebagai pengganti guru di sekolah. Orang tua selalu mendampingi
siswa selama belajar di rumah dan juga membantu memenuhi segala kebutuhan
yang di perlukan agar tetap termotivasi untuk melaksanakan pembelajaran selama
belajar di rumah.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama tentang apakah ada pengaruh peran
orang tua selama belajar di rumah terhadap motivasi belajar siswa di masa
pandemi Covid-19 kelas III di SD Negeri Montok 1 Pamekasan, kedua seberapa
besar pengaruh peran orang tua selama belajar di rumah terhadap motivasi belajar
siswa di masa pandemi Covid-19 kelas III di SD Negeri Montok1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan
rumus yang digunakan adalah product moment dan instrumen penelitian yang
digunakan yaitu lembar observasi, angket, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, bedasarkan data dari
hasil angket siswa di peroleh “r” kerja > “r” tabel yakni 0,761 > 0,456 dengan
taraf signifikansi 95 %, dari data tersebut dinyatakan “ada pengaruh” peran orang
tua selama belajar di rumah terhadap motivasi belajar siswa di masa pandemi
Covid-19. Kedua, dari hasil nilai “r” kerja kemudian diujikan dengan koefisien
determinasi (r2
) diperoleh hasil 0,579 atau sama dengan 57,9 %, dengan demikian
besar pengaruh peran orang tua selama belajar di rumah terhadap motivasi belajar
siswa di masa pandemi Covid-19 adalah 57,9 %
Tidak tersedia versi lain