Text
Strategi Guru Penjaskes Dalam Membentuk Sikap Kedisiplinan Siswa Kelas III MI Al Falah I Sumber Gayam Kadur Pamekasan
Kata Kunci: Strategi , penjaskes , Kedisiplinan Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru penjaskes dalam
membentuk sikap kedisiplinan siswa kelas III MI AL Falah I sumber gayam kadur
pamekasan. Penjaskes dapat dijadikan sebagai cara guru untuk meningkatkan
kedisiplinan siswa sehingga dengan strategi guru yang baik dalam matapelajaran
penjaskes yang baik dapat membentuk sikap disiplin yang baik untuk siswa di AlFalah I Sumber Gayam Kadur Pamekasan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana bentuk sikap kedisiplinan
siswa, kedua strategi apa yang di gunakan oleh guru penjaskes dan ketiga apa
faktor penghambat dan pendorong bagi siswa dalam pembentukan sikap
kedisiplinan.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif,
dalam hal ini dengan mengetahui terhadap kegiatan apa saja yang ada di sekolah
MI AL FALAH I sumber gayam kadur pamekasan. Penelitian ini mengunakan
Teknik pengumpulan data langsung dari lapangan dengan mengunakan observasi,
wawancara, dan juga dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari
responden meneganai terkait dengan strategi guru penjaskes dalam pembentukan
sikap kedisiplinan dengan melakukan wawancara kepada guru penjaskes dan
siswa di MI Al Falah, sedangkan data penunjang lainnya di peroleh dari
kepustakaan dan dokumentasi seperti data siswa, dokumen hasil pencapaian siswa
pada mata pelajaran penjaskes.
Hasil penelitian yang di gunakan oleh guru penjaskes dalam membentuk
sikap kedisiplinan siswa kelas III MI Al falah I sumber gayam kadur pamekasan
yaitu keteladanan yang menjasi sumber utama guru untuk membentuk
kedisiplinan siswa sehingga bisa terbentuk sikap disiplin yang baik dan sesuai
yang diinginkan dan dicontohkan guru, pembiasaan yang diintegrasikan dalam
kegiatan pembelajaran penjaskes serta faktor mendukung dalam pelaksanaan
strategi guru penjaskes dan apa saja penghambat dalam proses pelaksanaan
strategi tersebut. Dengan adanya faktor pendukung yaitu faktor keluarga yang
juga menjadi salah satu strategi guru penjaskes dalam pembentukan sikap disiplin
yang baik kepada siswa.
Dari penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa strategi guru
penjaskes dalam membentuk sikap kedisiplinan yaitu mengunakan metode
keteladanan dan pembiasaan yang dilakukan setiap hari sehingga dengan
pembelajaran penjaskes dapat membentuk sikap disiplin yang sangat penting
dalam kehidupan siswa
Tidak tersedia versi lain