Text
Penerapan Media Pembelajaran Alat Peraga Edukatif (APE) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVPada Mata Pelajaran Fiqih MI Miftahul Ulum Larangan Badung
Kata Kunci : Alat Peraga Edukatif, dan Hasil Belajar
Media pembelajaran alat peraga edukatif (APE) merupakan salah satu media yang
penting untuk diterapkan pada pembelajaran siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Larangan
Badung. Dalam peningkatan hasil belajar siswa maka, diberikannya alat bantu berupa media
pembelajaran alat peraga edukatif (APE) pada mata pelajaran Fiqih sehingga pada pembelajaran
lebih bervariasi, sehingga siswa tidak mudah bosan dalam pembelajarannya.
Karena dengan diterapkannya media pembelajaran berupa alat peraga edukatif (APE) ini
siswa merasa lebih semangat dalam pembelajarannya, karena alat peraga edukatif ini berunsur
edukasi-edukasi yang menarik.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat peraga edukatif (APE) sesuai tema untuk
menambah variasi siswa di kelas IV MI Miftahul Ulum. Alat peraga edukatif adalah alat peraga
buatan yang dapat digunakan untuk media pembelajaran bagi siswa MI/SD. Alat peraga ini dapat
dibuat dari bahan stroform, kertas folio, atau kertas duplek yang di bentuk segi empat maupun
segi panjang, dimana di dalamnya dapat diisi dengan berbagai benda misalnya gambar-gambar,
kartu angka, kartu huruf dan sebagainya untuk kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini yang pertama, bertujuan untuk mengetahui penggunaanalat peraga edukatif
(APE) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kedua, cara meningkatkan hasil belajar siswa
dalam menggunakan media pembelajaran alat peraga edukatif dan ketiga, faktor pendukung dan
penghambat dalam menggunakan media pembelajaran alat peraga edukatif dalam meningkatkan
hasil belajar siswadengan berbagai cara penyelesaiannya. Metode yang dan digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kualitatif, data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata
pelajaran, dan siswa kelas IV MI Miftahul Ulum.
Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: 1) Penggunaan alat peraga
edukatif(APE) di MI Miftahul Ulum sudah berjalan dengan baik dan bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dan penggunaan dilakukan secara berkelompok. 2)
Perkembangan hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul Ulum mulai berkembang sesuai target
yaitu lingkungan yang memberikan variasi bagi siswa sehingga membuat hasil belajar siswa
berkembang. 4) Kendala dan solusi dalam meningkatkan hasil belajar di MI Miftahul Ulum
ialah: a) keterbatasan media yang dimiliki sekolah, b) pelaksanaan menjadi kelompok sehingga
menimbulkan anak yang ngobrol saat pelaksanan. Dan solusinya ialah: a) melengkapi APE untuk
kelancaran pembelajaran, b) menarik perhatian anak agar anak mau fokus kepada guru pengajar
Tidak tersedia versi lain