Text
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Media Konkret di Kelas IV SD Plus Al-Firdaus Pademawu Pamekasan
Kata Kunci: Hasil Belajar, Penggunaan Media Konkret, Mata Pelajaran IPS
Saat ini, terdapat beberapa guru yang ditemukan masih melakukan
penyampaian ilmu atau informasi kepada siswa hanya menggunakan media atau
alat bantu seadanya saja. Guru masih menerapkan metode ceramah yang pada
umumnya sudah biasa dilakukan, sehingga membuat hasil belajar siswa menjadi
kurang. Hal ini membuat guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam
mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat dengan mudah
membantu menyampaikan materi, seperti penggunaan media konkret pada saat
pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga rumusan masalah yang ada pada
penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana perencanaan penggunaan media konkret
dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SD
Plus Al-Firdaus. kedua, bagaimana pelaksanaan penggunaan media konkret dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran di SD Plus AlFirdaus, dan ketiga, bagaimana hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran
IPS setelah diterapkan media konkret di SD Plus Al-Firdaus.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK) dengan jenis penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif.
Pendekatan penelitian kualitatif digunakan untuk memperoleh data pada saat
proses kegiatan belajar dan observasi. Sedangkan untuk pendekatan penelitian
kuantitatif digunakan untuk mengetahui hasil tes disetiap siklus atau tindakan
yang sudah dilakukan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informasi diperoleh dari Guru
kelas IV, dan salah satu siswa kelas VI.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, dalam perencanaan
penerapan media konkret di kelas IV SD Plus Al-Firdaus pada mata pelajaran
IPS, terdapat beberapa hal yang perlu direncanakan agar pembelajaran tersebut
dapat berjalan dengan lancar. Perencanaan dilakukan sesuai dengan materi
pembelajaran yang dipelajari. Pada saat siklus 1 mengalami peningkatan sebanyak
3% yaitu (67,61%) dari (64,88%) sebelum diberikan tindakan, materi yang
dijelaskan guru tentang sebuat atlas. Guru membawakan dan menunjukan kepada
siswa sebuah atlas sebagai media konkret. Guru meminta siswa untuk menunjuk
letak provinsi yang disebutkan oleh guru. Misalnya, tunjukkan letak provinsi
Jambi. Kemudian, siswa menunjukan letak provinsi tersebut di dalam atlas. Siklus
ke 2 mengalami peningkatan juga sebanyak 3% yaitu (70,05%) dari (67,61%),
materi yang diberikan oleh guru mengenai baju adat daerah. Guru menyiapkan
serta memakai salah satu contoh baju adat daerah sebagai media konkret kepada
siswa dalam materi pembelajaran tersebut. Sehingga, siswa dapat dengan mudah
memahami materi pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajarnya.
Kedua, penerapan penggunaan media konkret dilaksanakan dengan mengikuti
pedoman Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah dibuat
sebelumnya. Sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan
pembelajaran, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
IPS. Ketiga, dapun hasil dari penerapan media konkret pada mata pelajaran IPS
kelas IV yang sudah diterapkan selama 2 siklus, hasilnya berhasil dalam
meningkatkan hasil belajar siswa
Tidak tersedia versi lain