Text
Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Edutaiment Untuk Meningkatkan Minat Siswa Dalam Pembelajaran IPS di SMP Islam Bahrul Huda Sumber Anyar Tlanakan Pamekasan,
Kata Kunci: strategi pembelajaran edutaiment, minat siswa, Pembelajaran IPS
Pembelajaran adalah proses belajar mengajar yang terjadi antara pendidik
dan peserta didik. Suatu proses pembelajaran tentunya mengalami kendala baik
dari segi faktor internal dan eksternal. Begitu pula yang terjadi di SMP Islam
Bahrul Huda Sumber Anyar Tlanakan Pamekasan. Di sekolah ini terdapat
beberapa faktor yang mempengaruhi minat peserta didik dalam belajar, salah
satunya yaitu terhadap mata pelajaran IPS, sehingga guru menerapkan strategi
pembelajaran yang berbasis edutaiment untuk meningkatkan minat peserta didik
terhadap mata pelajaran IPS.
Masalah yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini adalah: 1.
Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran edutaiment untuk meningkatkan
minat siswa dalam Pembelajaran IPS di SMP Islam Bahrul Huda Sumber Anyar
Tlanakan Pamekasan? 2. Hambatan apa saja yang terjadi dalam pelaksanaan
strategi pembelajaran edutainment untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Islam Bahrul Huda Sumber Anyar
Tlanakan Pamekasan? 3. Solusi apa saja yang diberikan guru terhadap hambatan
yang terjadi dalam pelaksanaan strategi pembelajaran edutainment untuk
meningkatkan minat belajar siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
di SMP Islam Bahrul Huda Sumber Anyar Tlanakan Pamekasan?
Dalam Penelitian ini, lokasi yang diambil adalah SMP Islam Bahrul Huda
Sumber Anyar Tlanakan Pamekasan. Pendekatan penelitian ini, menggunakan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber datanya adalah kepala Sekolah,
Guru mata pelajaran IPS, dan siswa SMP Islam bahrul Huda. Analisis datanya
menggunakan pengecekan, pengelompokan, dan pengkodean. Adapun untuk
memperkuat hasil penelitian dilakukan ketekunan pengamatan, pendalaman
observasi, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi pembelajaran
edutaiment untuk meningkatkan minat siswa dalam Pembelajaran IPS di SMP
Islam Bahrul Huda Sumber Anyar Tlanakan Pamekasan yaitu berupa kombinasi
beberapa metode yaitu metode ceramah, Tanya jawab dan tugas beserta kontak
padang secara langsung dengan siswa. kendala-kendala yang dihadapi yaitu,
kurangnya motivasi, kurangnya tingkat kepercayaan diri, dan kurangnya sarana
dan prasarana. Adapun solusi untuk menghadapi hal tersebut yaitu dengan
meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan tingkat kepercayaan diri siswa, dan
pengalihan media pembelajaran
Tidak tersedia versi lain