Text
ImplementasiPenggunaanMediaAudio Visualdalam Meningkatkan HasilPembelajaran Bahasa Inggris diSDN BarurambatKota V Pamekasan
Kata Kunci: Penggunaan Media Audio Visual, Meningkatkan Hasil
Pembelajaran,BahasaInggris
Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil
pembelajaran bahasa Inggrismerupakan suatu tindakan yang dilakukan
untukmeningkatkanhasilpembelajaranbahasainggrisyangmenggunakan
alatpembelajaranatauperangkatbelajaryaituaudiovisual.Olehkarenaitu,
penggunaan media audio visualdilakukan untuk meningkatkan hasil
pembelajaranyangberupadalam ketrampilanberbahasayaituberbicara,
menyimak,membaca,menulis.
Berdasarkanhaltersebut,makaadatigapermasalahanyangmenjadi
pokokpenelitian,yaitu:pertama,BagaimanapenggunaanMediaAudioVisual
dalam PembelajaranBahasaInggrisdiSDNBarurambatKotaVPamekasan,
kedua,ApasajafaktorpenghambatdanpendukungPenggunaanMediaAudio
Visualdalam Pembelajaran Bahasa InggrisdiSDN BarurambatKota V
Pamekasan,ketiga,BagaimanapengaruhPenggunaanAudioVisualdalam
meningkatkanHasilPembelajaranbahasainggrisdiSDNBarurambatKotaV
Pamekasan.
Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif.Sumberdatayangdiperolehmelaluiwawancara,observasi,dan
dokumentasi.Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
Triangulasi.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa:pertama,penggunaanmedia
audiovisualdalampembelajaranbahasaInggrisyaituberupagadgetatauHP
bukanLCD/Proyektordengancaraseorangguruyangmemberikanmateri
pembelajaranberupavideoyangdikirim melewatigroupWAataupungroup
kelas lainnya,apabila siswa belum memahamibisa bertanya langsung
kepada guru dikelas.Kedua,darifaktorpenghambatnya itu darisegi
kesediaansaranaprasaranapembelajaranaudiovisual,guruyangtidakbisa
menggunakan media pembelajaran tersebut,serta segipenulisan dan
pelafalansiswa.sedangkanuntukfaktorpendukungnyayaituterdapatpada
pihaksekolahdanlingkungansekitarsekolahnya,kemampuangurudalam
menggunakanmediapembelajaraninidanpemerintahyang mempunyai
suatu kebijakan dalam memenuhisemua didunia pendidikan.Ketiga,
pengaruh penggunaan media audio visualbagiguru itu sendiriadalah
mempermudahsuatuprosespembelajaran,pengaruhbagisiswayaitusiswa
lebihtertarikuntukbelajardibandingkantidakmenggunakanmedia,hasil
belajarnyameningkatmeskipunkurangsignifika
Tidak tersedia versi lain