Text
Implementasi Strategi Pembelajaran Ekpositori Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Syekh Abdurrahman Rabah Sumedangan Pademawu Pamekasan Pademawu Pamekasan
Kata Kunci: Strategi pembelajaran ekpositori, motivasi belajar
Strategi pembelajaran adalah salah satu unsur penting dalam proses
pembelajaran guna mendukung tercapainya suatu tujuan pembelajaran, selain itu
strategi pembelajaran yang diterapkan seorang guru juga diharapkan bisa
meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang tentunya menjadi faktor
pendorong bagi peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran secara secara
maksimal.
Guru diharuskan bisa memilih strategi pembelajaran yang efektif serta tepat
dalam penerapannya pada mata pelajaran yang diampu sehingga strategi
pembelajaran bisa berjalan sesuai prinsip-prinsip yang ada pada strategi
pembelajaran itu sendiri. Salah satunya yaitu penerapan strategi pembelajaran
ekpositori pada mata pelajaran IPS.
Berdasarakan hal diatas, maka ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian
utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana penerapan strategi
pembelajaran ekpositori pada mata pelajaran IPS di SMP Syekh Abdurrahman
Rabah Sumedangan Pademawu Pamekasan. Kedua, Bagaimana tingkat motivasi
belajar peserta didik saat penerapan strategi pembelajaran ekpositori pada mata
pelajaran IPS di SMP Syekh Abdurrahman Rabah Sumedangan Pademawu
Pamekasan. Ketiga, Apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru dalam
penerapan strategi pembelajaran ekpositori pada mata pelajaran IPS di SMP
Syekh Abdurrahman Rabah Sumedangan Pademawu Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala sekolah, guru dan siswa. sedangkan pengecekan
keabsahan data dilakukan menggunakan jenis teknik triangulasi dengan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Dalam penerapan strategi
pembelajaran ekpositori pada mata pelajaran IPS di SMP Syekh Abdurrahman
terlihat masih kurang maksimal sehingga ada beberapa peserta didik yang merasa
bosan terhadap materi yang disampaikan guru pada saat proses pembelajaran di
kelas. Hal ini disebabkan kurang maksimalnya guru dalam memahami prinsipprinsip yang harus dilakukan dalam penerapan strategi pembelajaran ini salah
satunya pada prinsip komunikasi. Guru harus bisa mengatur cara berkomunikasi
agar lebih baik dan menarik sehingga peserta didik tidak merasa bosan pada saatpembelajaran berlangsung. Kedua, penerapan strategi pembelajaran sangat
berpengaruh pada tingkat motivasi belajar siswa. jadi, penerapan strategi
pembelajaran yang kurang maksimal juga berdampak pada kurangnya tingkat
motivasi belajar siswa. ketiga, salah satu kendala yang ditemukan peneliti dikelas
yaitu adanya beberapa siswa yang mengantuk pada saat jam pelajaran di kelas.
Hal ini bisa disebabkan oleh dua faktor yaitu dari siswa itu sendiri karena jam
istirahat yang kurang atau juga bisa disebabkan karena rasa bosan terhadap materi
yang guru sampaikan.
Tidak tersedia versi lain