Text
Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Tematik Sub Tema Perubahan Dan Pengaruh Cuaca Di SDN Pagagan 2 Pademawu
Kata Kunci: Mind Mapping, Kreativitas Belajar, Pembelajaran Tematik
Penerapan metode mind mapping yang dilakukan untuk mengembangkan kreativitas
siswa kelas III. Oleh karena itu metode ini dilakukan dengan senang hati yang nantinya
mampu memotivasi semangat belajar siswa dalam pembelajaran perubahan dan pengaruh
cuaca. Sehingga dengan penerapan metode mind mapping ini dapat mengembangkan
kreativitas belajar siswa.
Tujuan dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana tahap persiapan model
pembelajaran mind mapping dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa kelas III,
kedua, pelaksanaan proses penerapan metode mind mapping dalam mengembangkan
kreativitas belajar siswa kelas III, ketiga, kelebihan dan kekurangan model pembelajaran
mind mapping dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa kelas III.
Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah yang menuntut peneliti
dianggap mengusai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti guru kelas III dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, Persiapan yang dilakukan oleh Guru
kelas di SDN Pagagan 2 yaitu Guru mempelajari materi perubahan dan pengaruh cuaca.
kedua, guru terlebih dahulu menjelaskan pengertian tentang apa itu perubahan dan pengaruh
cuaca serta memperlihatkan metode berupa mind mapping yang berisi tentang cuaca. ketiga,
kelebihan serta kekurangan penggunaan metode pembelajaran mind mapping dalam
mengembangkan kreativitas anak dirasa sudah berjalan. Metode ini memberikan dampak
yang baik bagi guru maupun siswa. Sebelum menggunakan model pembelajaran mind
mapping dari 12 siswa tidak ada satupun yang kreativ, tetapi setelah diterapkannya model
pembelajaran mind mapping ada 7 siswa yang mulai mengembangkan kreativitas belajarnya
Tidak tersedia versi lain