Text
Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Pengembangan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan
Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Minat Belajar, IPA
Didalam kegiatan belajar mengajar membutuhkan seorang pendidik yang dituntut
harus memiliki keterampilan mengelola kelas dengan baik supaya dapat menambah
ketertarikan/minat belajar dari diri siswa. Minat sendiri memegang peranan yang
sangat penting supaya menimbulkan ketertarikan terhadap objek yang dipelajari
khususnya pada pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil observasi pada kelas IV di SDI
Matsaratul Huda maka didapat sebuah informasi bahwasanya ketika proses
pembelajaran berlangsung ditemukan gejala-gejala seperti suasana di kelas masih
ramai atau kurang kondusif, siswa kurang memperhatikan guru ketika pembelajaran
masih berbicara sendiri, dan nilai hasil belajarnya masih kurang memuaskan.
Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat dua pokok permasalahan yang menjadi
kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, adakah pengaruh pengelolaan kelas
terhadap pengembangan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV di SDI
Matsaratul Huda; kedua, seberapa besar pengaruh pengelolaan kelas terhadap
pengembangan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV di SDI
Matsaratul Huda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah
jenis penelitian korelasi (Correlation Research). Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Teknik sampling
yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, sehingga sampel dalam penelitian ini,
yaitu keseluruhan siswa kelas IV di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan yang
jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.
Angket digunakan untuk memperoleh data pengelolaan kelas dan minat belajar siswa
dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data seperti foto-foto pada saat
melakukan penelitian. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji korelasi
product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas memberikan pengaruh
terhadap pengembangan minat belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji
hipotesis dengan menggunakan program Statistic Product and Service Solution
(SPSS) didapatkan hasil nilai signifikansi kurang dari 0.05, yaitu 0.045 (0.045 <
0.05). Adapun berdasarkan perhitungan korelasi product moment didapat nilai r
hitung sebesar 0.453 yaitu jika dibandingkan dengan nilai r tabel yaitu didapat 0.444
maka dinyatakan bahwa (0.453 > 0.444), dimana 0.453 terdapat pada rentang 0.40 –
0.70 yang memiliki interpretasi yang sedang atau cukup antara variabel pengelolaan
Tidak tersedia versi lain