Text
Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Kecerdasan Spritual Siswa Kelas V di SDI Matsaratul Huda
Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Spritual.
Pendidikan Agama Islam adalah bimbingan jasmani dan rohani demi
terwuudnya pribadi yang baik untuk keselamatan dunia dan kesejahteraan akhirat
berdasarkan ajaran dan syariat islam. Kecerdasan spiritual siswa merupakan
kemampuan siswa dalam memahami makna atau hakikat dari segala hal yang
dilakukannya, yaitu kemampuan siswa dalam mendengar dan mengikuti hati
nuraninya. Pendidikan Agama Islam pada sekolah yaitu membangun kepribadian
muslim yang ada pada diri siswa agar mereka mencerminkan insan muslim sejati
agar melakukan suatu apapun bukan sekeder rutinitas namun untuk pembekalan
untuk dirinya serta hubungannya kepada Allah SWT.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana pembelajaran Pendidikan
Agama Islam yang mempengaruhi kecerdasan spiritual siswa, kedua bagaimana
bentuk-bentuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang mempengaruhi
kecerdasan spiritual siswa, ketiga seberapa besar pengaruh pembelajaran
Pendidikan Agama islam mempengaruhi kecerdasan spiritual.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik
analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik regresi linear sederhana dan
instrument penelitian yang digunakan yaitu angket, wawancara dan dokumentasi.
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam kelas V di SDI Matsaratul Huda mempengaruhi kecerdasan spiritual
siswa karena dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam mengajarkan anak
untuk bertauhid kepada Allah SWT, mengajarkan sikap terpuji dan tercela,
mengajarkan hukum fiqih serta menuntun anak untuk bertoleransi. Sedangkan
bentuk-bentuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang mempengaruhi
kecerdasan spiritual siswa kelas V yaitu dengan melakukan pembelajaran metode
kelompok dan metode diskusi serta pembelajaran dengan metode ceramah dan
metode praktik. Hasil nalis menunjukkan pada persamaan regresi yaitu Y =
21,957+0,496X bahwa setiap peningkatan satu skor variabel Pendidikan Agama
Islam mengakibatkan peningkatan variabel kecerdasan spritual sebesar 0,496
pada konstanta 21,957. Hasil perhitungan koefisien determinasi memberikan hasil
r = 0,534. Degan demikian variabel Pendidikan Agama Islam memberikan
sumbangan sebesar 28,5% terhadap perubahan kecerdasan spiritual siswa di kelas
V SDI Matsaratul Huda, sedangkan 71,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar
penelitian
Tidak tersedia versi lain