Text
Implementasi Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Bustanul Ulum Tahun Ajaran 2020-2021
Kata Kunci: Metode, Sosiodrama, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Metode sosiodrama adalah suatu metode mengajar yang digunakan untuk
menggambarkan, memerankan, memperagakan, mendramatisasikan, mempertunjukkan
tingkah laku, gerak-gerik anggota tubuh maupun wajah, tentang masalah-masalah hubungan
sosial antar manusia sehingga mencapai tujuan pembelajaran tertentu.
Dari pembahasan diatas, dapat dirumuskan suatu permasalahan-permasalahan yang
penulis fokuskan yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini yaitu: pertama, Bagaimana
Implementasi Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs
Bustanul Ulum Ellak Daya - Lenteng, kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat
Implementasi Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs
Bustanul Ulum Ellak Daya- Lenteng, ketiga, Apa saja Dampak dari Implementasi Metode
Sosiodrama dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Bustanul Ulum Ellak
Daya- Lenteng
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis deskriptif. Prosedur
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Jenis observasi yang digunakan adalah observasi non partisipan. Sedangkan jenis
wawancara yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur. Lokasi penelitian yang
digunakan adalah di Desa Ellak Daya, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Implementasi Metode
Sosiodrama di kelas IX pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Bustanul
Ulum Ellak Daya – Lenteng adalah: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai, Guru menjadikan dirinya sebagai model dalam pembelajaran, Guru memberikan
kebebasan siswa dalam bertanya. kedua Apa saja faktor pendukung dan penghambat
Implementasi Metode Sosiodramadalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs
Bustanul Ulum Ellak Daya - Lenteng, bahwasannya ada tiga faktor pendukung dalam
penerapannya yaitu: Kemampuan dan kesiapan guru dalam kegiatan belajar mengajar,Motivasi
dan minat belajar,Sarana dan prasarana penunjang dalam Metode Sosiodrama. Ketiga, Apa saja
Dampak dari Implementasi Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS) di MTs Bustanul Ulum, yaitu: a. Bagi Guru kemampuan dan kesiapan guru dalam
menerapkan Metode Sosiodrama.Guru sabagai penyalur pengetahuan pembelajaran yang harus
menjadi fasilitator, motivator, pemacu, perekayasa pembelajaran, dan pemberi inspirasi bagi
siswa sangat berdampak positif dimana dapat memberikan suasana proses belajar mengajar
yang lebih interaktif tidak monoton, memberikan keleluasan berfikir pada siswa, serta siswa
terlibat langsung dalam proses belajar mengajar.
Tidak tersedia versi lain