PERPUSTAKAAN IAIN MADURA

Perpustakaan Religius dan Kompetitif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Peran Guru IPS Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Mts Miftahul Anwar Sejati Camplong Sampang,

AKHMAD QUFRON - Nama Orang;

Kata Kunci: Motivasi Belajar, IPS
Motivasi belajar merupakan daya penggerak didalam diri siswa yang
menimbulkan, menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar,
sehingga diharapkan tujuan yang ada dapat tercapai. Oleh sebab itu penting bagi
guru untuk selalu memberikan motivasi belajar pada setiap proses belajar mengajar.
Permasalahan yang mejadi pokok kajian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII?, 2)
Bagaimana peran guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dikelas
VIII?, 3) Apa saja hambatan-hambatan guru IPS dalam memberikan motivasi
belajar siswa kelas VIII?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Pengumpulann datanya dilakukan oleh peneliti melalui kegiatan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. informannya adalah guru IPS dan siswa kelas VIII.
Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan tehnik tringulasi dengan
sumber. Dan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif
kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi
data/menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Dalam memberikan motivasi
kepada siswa kelas delapan rupanya tidak mudah, jika dibandingkan dengan siswa
kelas tujuh dan kelas sembilan, siswa kelas delapan lebih sulit dalam diberikan
motivasi, hal tersebut karena siswa kelas delapan sedang memasuki masa pubertas
dimana mereka mudah terpengaruh oleh teman, lingkungan dan sebagainya. Kedua,
dalam memberikan motivasi belajar terhadap siswa, guru menerapkan berbagai
metode pembelajaran yang menarik yang membuat siswa tidak mudah merasa
bosan ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung. Guru juga kerap kali
memberikan hadiah berupa tambahan nilai dan alat-alat tulis kepada siswa yang
mampu menjawab pertanyaan yang guru ajukan. Ketiga, Hambatan yang dialami
guru dalam memberikan motivasi kepada siswa adalah kurangnya minat siswa
terhadap mata pelajaran IPS serta sarana dan prasarana sekolah yang kurang
memadai


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 182021036 AKH P
182021036
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182021036 AKH P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xi+59, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
182021036
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Motivasi Belajar
SKRIPSI TIPS 2021
Info Detail Spesifik
036
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN IAIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?