Text
Peran Guru IPS Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Siswa Kelas VIII di MTsN 3 Pamekasan
Kata Kunci: Peran Guru, Ilmu Pengetahuan Sosial, Nilai-Nilai Pancasila
Penanaman nilai-nilai pancasila sangat penting untuk diterapkan pada siswa agar
nantinya siswa bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Guru yang bertugas
sebagai fasilitator serta pendidik tentunya memiliki peranan yang sangat penting dalam
penanaman nilai-nilai Pancasila terutama bagi guru IPS, yang mana dalam mata pelajaran IPS
teerdapat banyak materi yang bisa dikaitkan dengan penanaman nilai-nilai Pancasila. Ada dua
permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana
peran guru IPS dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila terhadap siswa kelas VIII di MTsN 3
Pamekasan; kedua, apa saja kendala yang dihadapi guru IPS dalam menanamkan nilai-nilai
Pancasila terhadap siswa kelas VIII di MTsN 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data yang diperoleh
melalui wawancara, obsevasi, dan dokumentasi, informasinya adalah guru Ilmu Pengetahuan
Sosial dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: pertama, peran guru IPS dalam menanamkan nilai-nilai pancasila
sangatlah berperan penting, karna guru adalah sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran.
Selaain itu, guru juga sebagai pendidik yang berkewajiban untuk memberikaan motivasi,
mengejarkan etika dan penanaman nilai-nilai Pancasila. Kedua, keendala yang dihadapi oleh
guru dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila yaitu: 1) guru kurang memahami karakter dari
masing-masing siswa yang disebabkan oleh banyaknya siswa di MTsN 3 Pamekasan yang
menghambat dalam proses penanaman nilai-nilai pancasila; 2) kurangnya rasa sadar siswa
akan pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila. Siswa beranggapan bahwa menerapkan
nilai-nilai Pancasila dengan hal besar padahal bisa dilakukan dengan hal-hal keecil seperti
mentaati aturan sekolah. Hal itu menjadi kendala bagi guru IPS dalam menanamkan nilainilai Pancasila kepada siswa. Dalam mengatasi kendala yang dihadapi pada proses
penanaman nilai-nilai Pancasila terhadap siswa kelas 8 juga terdapat solusi, solusi yang
pertama yakni guru harus lebih melakukan pendekatan dengan siswa supaya guru bisa
memahami karakter siswa, dan kedua guru harus lebih intens melakukan penanaman tentang
nilai-nilai Pancasila agar siswa lebih memiliki kesadaran akan pentingnya penerapan nilainilai pancasila. Siswa sebaiknya memiliki kesadaran akan pentingnyaa penerapan nilai-nilai
Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari. Guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran
hendaknya meningkatkan penanaman nilai-nilai Pancasila terhadap siswa. selain itu sekolah
juga harus ikut berperan dalam penanaman nilai-nilai Pancasila
Tidak tersedia versi lain