Text
Implementasi Metode Resitasi Untuk Memperdalam Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX Di SMP Islam Darul Karomah Larangan Luar Pamekasan
Kata Kunci: Metode Resitasi, Pemahaman Siswa, Mata Pelajaran IPS
Di sekolah SMP Islam Darul Karomah kelas IX, peneliti menemukan
metode yang digunakan oleh guru mata pelajaran IPS yakni metode resitasi.
Metode resitasi merupakan metode yang sangat penting untuk diterapkan dalam
mata pelajaran IPS, karena dengan metode resitasi, siswa akan lebih bersungguhsungguh dalam belajar sehingga pemahaman siswa terhadap materi pelajaran akan
semakin mantap. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di
SMP Islam Darul Karomah, dengan fokus penelitian sebagai berikut: 1,
Bagaimanakah penerapan metode resitasi untuk memperdalam pemahaman siswa
pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMP Islam Darul Karomah Larangan Luar?
2, Apa saja kendala yang dihadapi guru dalam penerapan metode resitasi untuk
memperdalam pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMP Islam
Darul Karomah Larangan Luar? 3, Bagaimana solusi guru dalam mengatasi
kendala penerapan metode resitasi untuk memperdalam pemahaman siswa pada
mata pelajaran IPS kelas IX di SMP Islam Darul Karomah Larangan Luar?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Dengan informan kepala sekolah, guru IPS dan siswa kelas IX.
Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dengan jenis
triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Untuk analisis data menggunakan tiga
teknik, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode resitasi untuk
memperdalam pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMP Islam
Darul Karomah Larangan Luar sebagai berikut: Pertama, guru memberikan tugas
kepada siswa sekaligus menentukan batas waktu pengumpulan tugas tersebut.
Setelah itu, guru memeriksa tugas yang sudah dikerjakan oleh siswa dan guru
memberikan evaluasi terhadap tugas-tugas tersebut. Kendala yang dihadapi guru
dalam menerapkan metode resitasi dalam pembelajaran yaitu, kurangnya
semangat siswa dalam mengerjakan tugas, siswa sulit di kontrol dan kurang
tersedianya buku atau referensi terkait materi. Upaya guru dalam mengatasi
kendala penerapan metode resitasi dalam pembelajaran yaitu, guru memberikan
motivasi kepada siswa untuk terus belajar aktif, kreatif dan inovatif, guru
memberikan catatan atau referensi yang berkaitan dengan materi pelajaran. Saran
yang perlu dikemukakan dan perlu kiranya untuk dipertimbangkan, penerapan
metode resitasi juga perlu mempertimbangkan tingkat kemampuan peserta didik
besera fasilitas pendukung.
Tidak tersedia versi lain