Text
Upaya Guru IPS dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Tanya Jawab di Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Pagendingan Pamekasan
Kata Kunci : Pembelajaran IPS, Hasil Belajar, Metode Tanya Jawab
Berhasil atau gagalnya hasil belajar itu sangat tergantung pada proses belajar yang
dialami siswa, ketika siswa berada di sekolah tentunya dalam proses pembelajaran terdapat
kesulitan tersendiri yang dialami oleh para siswa. Oleh karena itu harus ada upaya yang
dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran IPS
yang terkesan membosankan. Hasil belajar merupakan prestasi belajar yang dicapai siswa
dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan membawa suatu perubahan dan pembentukan
tingkah laku seseorang.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana upaya guru IPS dalam meningkatkan hasil belajar
siswa melalui metode tanya jawab di kelas VIII MTs Miftahul Ulum Pagendingan
Pamekasan; (2) apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran IPS dalam
menggunakan metode tanya jawab di kelas VIII MTs Miftahul Ulum Pagendingan
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Informannya
adalah kepala sekolah, Guru IPS, siswa dan yang bersifat non manusia seperti RPP, dan
dokumen-dokumen yang terkait. Untuk analisis data menggunakan tiga teknik yaitu reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data
menggunakan perpanjang pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) upaya guru IPS dalam meningkatkan hasil
belajar menggunakan metode tanya jawab adalah mengidentifikasi siswa yang mengalami
kesulitan belajar dengan cara melihat dokumentasi dari hasil belajar siswa misalnya nilai
harian, dan juga guru memberikan perhatian khusus pada siswa, serta guru harus sering
mengulang-ulang materi yang telah disampaikan untuk menambah pemahaman siswa agar
dapat meningkatkan hasil belajar. (2) faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran
IPS dalam menggunakan metode tanya jawab adalah; faktor pendukung: kemampuan guru
mengelola pembelajaran, sarana prasarana, media pembelajaran dan motivasi siswa.
Sedangkan faktor penghambatnya adalah: dari siswa itu sendiri yang memiliki kemampuan
yang berbeda, kurangnya waktu dalam pembelajaran, siswa yang merasa minder sehingga
kurang bisa aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sering terjadi penyimpanganpenyimpangan seperti pembicaraan yang keluar dari materi pokok pembahasan saat
berlangsungnya proses tanya jawab.
Tidak tersedia versi lain