Text
Penerapan Model Number Head (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Maarif 7 Pamekasan
Kata Kunci: Model NHT, motivasi belajar, pembelajaran IPS
Penelitian ini berangkat dari perlunya dilakukan pembaharuan dalam
kreatifitas guru dalam pengelolaan proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial
di sekolah menengah. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui penerapan
model yang telah dilakukan oleh guru.
Bagaimana penerapan model number head together (NHT) untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran ilmu
pengetahuan sosial (IPS) di SMP Maarif 7 Pamekasan.
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK)
dengan model number head together (NHT). Penelitian ini dilakukan di SMP
Maarif 7 Pamekasan tepatnya di kelas VII, guru dan peneliti melakukan
kolaborasi akan tetapi peneliti yang menyiapkan semuanya, dalam penelitiannya
peneliti melakukan observasi langsung dengan menggunakan lembar pengamatan
untuk melihat peningkatan motivasi siswa. Penelitian ini menggunakan teori
kemmis Mc Taggart dan hanya mengambil dua siklus dari tiga siklus yang
direncanakan karena criteria keberhasilan yang sudah ditentukan sebesar 75 sudah
tercapai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, penerapan model number
head together (NHT) yang dilakukan guru dalam kegiatan belajar mengajar
(KBM) relative tinggi dengan hasil sebesar 82,5%. Hal ini mengalami
peningkatan sebesar 30% disbandingkan pada siklus I. kedua, motivasi belajar
siswa/peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) diperoleh hasil
relative sangat tinggi dengan hasil sebesar 90%. Hal ini mengalami peningkatan
sebesar 47% dibandingkan dengan siklus I
Tidak tersedia versi lain