Text
Upaya Guru IPS Dalam Menanamkan Karakter Mencintai Budaya Nasional Kelas VII di SMP Negeri 1 Waru Pamekasan
Kata Kunci : Guru IPS, Karakter Mencintai Budaya Nasional
Dalam membangun peserta didik yang berkarakter diperlukan upaya-upaya lain
yang membutuhkan kekreatifan seorang guru salah satunya adalah guru IPS seperti
upaya dalam menanamkan karakter mencintai budaya nasional kepada peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, makan ada tiga permasalahan yang akan menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagaimana upaya guru IPS untuk menanamkan
karakter mencintai budaya nasional pada siswa kelas VII di SMPN 1 Waru
Pamekasan; (2) apa kendala yang di temui guru IPS dalam menanamkan karakter
mencintai budaya nasional pada siswa kelas VII di SMPN 1 Waeu Pamekasan; (3)
apa solusi terhadap kendala yang ditemui guru IPS dalam menanamkan karakter
mencintai budaya nasional pada siswa kelas VII di SMPN 1 Waru Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Dengan informan guru IPS dan siswa. Sedangkan pengecekan
keabsahan data menggunakan triangulasi dengan jenis triangulasi metode. Untuk
analisis data menggunakan tiga teknik, yaitu reduksi data,, penyajian data, dan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) upaya guru IPS dalam menanamkan
karakter budaya nasional yaitu, membuat RPP yang terintegrasi dengan nilai-nilai
karakter, melakukan kegiatan belajar-mengajar yang di dalamnya terdapat nilai-nilai
karakter terutama karakter mencintai budaya nasional seperti mengucapkan salam
sebelum dimulainya proses pembelajaran, berdo’a sesuai dengan kepercayaan
masing-masing, dan menyanyikan lagu kebangsaan, serta menyelipkan karakter
mencintai budaya nasional di materi-materi yang memiliki tingkat kecocokan yang
tinggi. 2) kendala yang membuat guru IPS kesulitan dalam menanamkan karakter
mencintai budaya yaitu, nilai-nilai karakter yang tidak terjabarkan dalam indikator
yang representatif, kurang komunikasi antar sekolah dengan wali murid, masih
kesulitan dalam megenal masing-masing karakter peserta didik, dan kurang kesadaran
guru terhadap tanggung jawabnya. 3) Dari kendala-kendala yang dimiliki guru IPS, ada beberapa solusi yang telah diupayakan yaitu, membaca refrensi tentang RPP yang
telah terintegrasi dengan nilai-nilai karakter terutama karakter mencintai budaya
nasional, meningkatkan komunikasi antar guru dan wali murid, melakukan
pendekatan psikologi agar peserta didik lebi terbuka, dan meningkatkan standar
kualitas pribadi guru dan
Tidak tersedia versi lain