Text
Implementasi Gerak Lagu Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini Di RA Riadul Ulum Pakong
Kata Kunci: Implementasi Gerak Lagu Terhadap Perkembangan Fisik
MotorikKasar Anak Usia Dini
Pendidikan anak usia dini (PIAUD) adalah jenjang pendidikan
sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan
yang ditunjukkan bagi anak sejak lahir hingga usia6 tahun yang dilakukan
dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan
dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam
memasuki pendidikan lebih lanjut Pada umumnya anak lebih menyukai
musik dan lagu sehingga permainan yang tidak disertai dengan irama musik
kurang diminati oleh anak.Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini
adalah bagaimana guru mengimplementasikan gerak lagu terhadap
perkembangan fisik motorik kasaranak usia dini, apa manfaat implementasi
gerak dan lagu terhadap perkembangan fisik motorik kasar anak usia dini,
faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan gerak lagu
terhadap perkembangan fisik motorik kasar anak usia dini, tujuandari
penelitian ini 1) untuk mengetahu guru mengimplementasikan gerak lagu
terhadap perkembangan fisik motorik kasar anak usia dini 2) untuk
mengetahui manfaat implementasi gerak lagu terhadap perkembangan fisik
motorik kasar anak usia dini 3) untuk mengetahui faktor penduukung dan
penghambat dalam mengimplementasikan gerak lagu terhadap
perkembangan fisik motorik kasar anak usia dini.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis
penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru dan
peserta didik di RA Riadul Ulum. Data yang diperoleh yaitu dengan cara
metode observasi (Pengamatan) Wawancara dan dokumentasi. Subjek
dalam penelitian iniadalah guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi gerak lagu
terhadap perkembangan fisik motorik kasar anak usia dini yaitu guru
mencontohkan terlebih dahulu agar anak tersebut mudah memahaminya,
pada manfaatnya anak merasasenang dan membentuk daya ingat
ketikaberlatih dengan kegiatan gerak lagu dan dapat mencakup dari semua
aspek perkembangan, dan faktor pendukung dan penghambatnya yaitu
faktor pendukung dilihat dari faktor internal dan eksternal sedangkan faktor
penghambatnyayaitu keterbatasan kemampuan guru dan keterbatasan media
pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain