Text
Upaya Guru BK Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Lyanan Bimbingan Belajar di MA Miftahul Qulub
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Layanan Bimbingan Belajar
Penelitian ini dilatar Belakangi oleh adanya siswa yang kurang termotivasi
dalam belajar baik itu di sekolah maupun di luar sekolah (rumah). Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru BK dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa melalui layanan bimbingan belajar di MA Miftahul Qulub.
Berdasarkan hal tersebut, Ada tiga fokus penelitian yang menjadi acuan kajian
penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana gambaran motivasi siswa di MA
Miftahul Qulub? Kedua, Bagaimana upaya guru BK dalam meningkatkan
motivasi beljar siswa melalui layanan bimbingan belajar di MA Miftahul Qulub?
Ketiga, Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat upaya guru BK
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui layanan bimbingan belajar di
MA Miftahul Qulub?.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data
yang digunakan oleh peneliti diantaranya wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data meliputi reduksi data, penyajian
data, dan kesimpulan. Dan dalam proses pengecekan keabsahan data hasil
penelitian melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dalam proses
pengamatan, dan terakhir melalui triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Gambaran
motivasi belajar siswa kelas X Ipa MA Miftahul Qulub tergolong motivasi yang
rendah. Rendahnya motivasi belajar siswa di sebabkan oleh lingkungan keluarga,
lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Dan setelah di berikan layanan
bimbingan belajar ada perubahan pada pola belajar siswa di setiap harinya yang
pada awalnya malas mendengarkan guru menerangkan, dan tidak mengerjakan
tugas sekarang masing-masing dari mereka dapat berubah secara signifikan.
Kedua, Upaya guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X Ipa
adapun beberapa hal yang di lakukan guru BK dalam meningkatkan motivasi
belajar yaitu: 1. melakukan pengamatan atau observasi ke setiap kelas ketika jam
pembelajaran berlangsung. 2. Melakukan pendekatan secara langsung kepada
siswa. 3. Memberikan Layanan Bimbingan Belajar kepada setiap kelas untuk
memberikan pemahaman kepada peserta didik mengenai manfaat dari belajar dan
gunanya nanti untuk masa depan. 4. Melakukan kerjasama dengan Wali murid
dan Wali kelas. Adapun Faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor
pendukung meliputi kemauan dari pihak wali murid untuk meningkatkan potensi
belajar siswa dan kemauan dari peserta didik untuk merubah kebiasaan buruknya.
Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya fasilitas pembelajaran serta
metode pembelajaran yang di senangi oleh siswa dari guru pengajar di sekolah
Tidak tersedia versi lain