Text
Pentingnya Parenting Sebagai Pendukung Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Pada Kelompok B TK Perwari II Di Desa Buddaggan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci:Parenting, Tumbuh Kembang, Anak Usia Dini
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
Pertama, Bagaimana perencanaan dalam penerapan parenting sebagai pendukung
tumbuh kembang anak usia dini di TK Perwari II Budaggan, Kedua, Bagaimana
implementasi parenting sebagai pendukung tumbuh kembang anak usia dini di TK
Perwari II Budaggan, Ketiga, Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung
dalam penerapan parenting sebagai pendukung tumbuh kembang anak usi dini di
TK Perwari II Buddaggan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan
verification data. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan
perpanjangan keikutsertaan dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan pertama, perencanaan dalam penerapan
parenting sebagai pendukung tumbuh kembang anak usia dini di TK Perwari II
Budaggan ialah kegiatan yang dilakukan pada tahap persiapan sebelum program
parenting dilaksanakan adalah identifikasi kebutuhan (menyesuaikan materi
parenting dengan kebutuhan orang tua). Adapun kegiatan lain setelah kegiatan
identifikasi kebutuhan, yaitu menyiapkan narasumber, sosialisasi program kepada
orang tua peserta didik dengan cara memberikan undangan dan persiapan yang
dilakukan pendidik antara lain menyiapkan makalah singkat atau materi yang
sesuai dengan kebutuhan orang tua, membuat Rencana Perencanaan Pembelajaran
(RPP), dan menyiapkan media pembelajaran. Kedua, Implementasi parenting
sebagai pendukung tumbuh kembang anak usia dini di TK Perwari II Budaggan
ialah pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui tatap muka secara langsung
antara nara sumber dengan orang tua peserta didik. Waktu pelaksanaan untuk satu
kali pertemuan adalah 2x45 menit. Narasumber tidak hanya berperan
menyampaikan materi pembelajaran, tetapi juga berperan memotivasi, agar orang
tua bisa mencurahkan pendapat atau masalah terkait dengan pola asuh ataupun
yang lain. Materi pembelajaran yang diberikan menyesuaikan dengan kebutuhan
orang tua peserta didik dan dikaitkan dengan permasalahan sehari-hari seperti
pola asuh dan makanan sehat. Pembelajaran dilakukan dengan cara
menyampaikan materi pembelajaran sesuai dengan yang telah direncanakan,
kemudian tidak hanya penyampaian teori saja tetapi ada materi tertentu yang
mana orang tua perlu diberi penugasan atau praktek secara langsung agar orang
tua benar-benar terlibat dalam proses pembelajaran serta lebih mudah memahami
materi yang disampaikan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah,
tanya jawab, diskusi, sharing, dan penugasan berupa praktek langsung yang
dilakukan orang tua. Ketiga, Faktor penghambat dan faktor pendukung dalam
penerapan parenting sebagai pendukung tumbuh kembang anak usia dini di TKPerwari II Buddaggan, ialah Faktor pendukung yaitu sarana prasarana yang sudah
lengkap, narasumber yang sudah berkompeten dalam materi program parenting,
antusias peserta yang tinggi dalam mengikuti program parenting, materi program
yang sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan faktor penghambat yaitu tingkat
kesadaran orang tua terhadap program parenting yang masih dirasa kurang karena
belum semua orang tua peserta didik mengikuti program parenting serta kesulitan
dalam memberikan materi menu makan yang pas dalam hal harga yang murah,
sederhana, tetapi dapat dijadikan sebagai makanan sehat yang menarik dan
variatif.
Tidak tersedia versi lain