Text
Teknik Guru Menghadapi Anak Slow Learner (Lamban Belajar) Melalui Metode Demonstrasi di RA Muslimat NU Padelegan Pademawu Pamekasan
Kata Kunci : Slow Learner, Metode Demonstrasi
Teknik yang digunakan oleh seorang guru di dalam kegiatan belajar
mengajar sangat penting. Dimana saat guru mengajar akan menemukan
karakteristik anak yang berbeda. Sehingga untuk menghadapi karakteristik anak
slow learner (lamban belajar), guru harus menemukan metode yang cocok salah
satunya dengan menggunakan metode demonstrasi untuk anak slow learner
(lamban belajar).
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka ada tiga fokus penelitian yang
akan menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu implementasi teknik guru
menghadapi anak slow learner (lamban belajar), faktor pendukung dan faktor
penghambat dalam penerapan metode demonstrasi menghadapi anak slow learner
(lamban belajar), serta dampak dalam penerapan metode demonstrasi terhadap
anak slow learner (lamban belajar).
Penerapan metode demonstrasi dalam menghadapi anak slow learner
(lamban belajar) sangat cocok untuk diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar.
Selain itu dengan menggunakan metode demonstrasi akan membuat anak lebih
tertarik dan paham terhadap materi pelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi
terhadap anak slow learner (lamban belajar) berhasil dan berdampak positif
membuat anak meningkatkan semangat belajar anak yang awalnya tidak tertarik
untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar, anak lebih paham mengenai
penjelasan yang diberikan oleh guru.
Faktor pendukung dalam Teknik Guru menghadapi anak slow learner
(lamban belajar) melalui metode demonstrasi yaitu mengajar yang menggunakan
media gambar, motivasi dari guru, serta penjelasan guru yang baik. Sedangkan
untuk faktor penghambatnya yaitu usia anak yang dini, dan anak cenderung
pemalu.
Tidak tersedia versi lain