Text
EfektivitasTokenEkonomidalamMeningkatkan Motivasi Belajar siswa/I SMP Syekh Abdurrahman Pademawu Pamekasan
KataKunci:Penguatan,TokenEkonomi,MotivasiBelajar
Dalamduniapendidikansangateratkaitanyadenganpembelajaran,
sehingaterkesansangat sulituntukdipisahkantermasukmotivasi
belajar.Bicarahaltentang motivasibelajarbanyaksekaliditemukan
beberapamasalahyangseringdihadapiolehparasiswadimulaidari
jenjangsekolahdasarsampaimenengahatas,dimulaidarikurangnya
pemahaman,adanya rasa takutdalm menjawab pertayaan dan lain
sebagainya,dalam haliniperluperanpentinggurubimbingankonseling
untukmenubuhkanrasamotivasopadadirisiswatersebut,makadaiitu
perlu tindakan berupapengembangan dalam menumbuhkan motivasi
belajarsiswa dengan cara pemberian teknik token ekonomidalam
meningkatkanmotivasiblajarsiswadanuntukmengetahuiitudalam
penelitianinibertujuanuntukenelitiefektiftidaknyateniktokenekonomi
dalam menigkatkanmotivasbelajarsiswadiSMPSyekhAbdrrahman
PademawuPamekasan.
Dalam penelitianinimengguakanpendekatankuantitatifdenga
jenispenelitianeksperimen,metodeyangdigunaanyaitupre-experimental
DesigndenganrancanganOne-GroupPetest-PostestDesign.Instrument
yangdigunakanberupaQuesioneratauangketmenggunakanskalalikert
denganpilihanchekhlist,dimanadalam angketpernyataantersebutdi
perolehdariindikatotdalam teorikarakteristikmotivasibelajarkarangan
BapakMuchlis Sholichinsetelahtersusunlaludisebarkanpadasiswa
kelompokpopulasidimulaidarikelasVII-IX,didalam penelitianinitidak
menggunakansampelkarenajumlahSiswadiSMPtersebuttidaksampai
100 responden.Sedangkat data yang diperoleh akan dianalisis
menggunakanmetodeujipairedt-test,
Berdasarkan hasilpenelitian inimenunjukkan bahwa dalam
pengujian vaiditas agket tersebut sudah vaid dengan jumlah 20
pernyataanyangvaliddanbersifatreliabel,untukmendapatkanhasil
apakah penelitian iniefektif tidaknya dilakukan telebih dahulu uji
normalitasdimanahasildariujinormalitasyaituAsymp.Sig(2-tailed)
memperolehhasilnilaisebesar0,083lebihbesardari0,005makadata
tersebutbersifatnormalsedangkanuntukhomogenitasnyamemperoleh
nialsebesar0,482karenanilainya lebihbesardari0,005makabersifat
homogen.Dalam pengujianhipotesispenelitianinimemperolehhasil
dalam pairedsampesatisticsaatsebelum diberiperlakansebesar42,44
dansesudahdibrikanperlakua4,23,makasudahmenunjukanterdapat
peningkatanyangsignifikan,padahasilpairedkoresinilaisignifikanya
0,121karenanilainsignifikanlebihbesardari0,005makahubunganya
bersifat lemah sedangkan hasil paired t-test mendapatkan nilai
sgnifikanyasebesar0,019lebihbesardari0,05makaHoditolakdanHa diterima.Sehiggadapatdiketahuibahwapadapeggunaantekniktoken
ekonomidalammeningkatkanmotiasibelajarsiswabersifatefektif
Tidak tersedia versi lain