Text
Penerapan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Pada Siswa MTs Miftahul Qulub Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan
Kata kunci: konseling kelompok, pendekatan rebt, efikasi diri.
Bimbingan dan konseling merupakan layanan yang diberikan oleh konselor
atau guru BK kepada peserta didik atau membantu mengembangkan potensi
yang terdapat pada peserta didik atau membantu untuk memecahkan masalah
yang terjadi. Layanan pada bimbingan konseling berpengaruh kepada
keberhasilan belajar peserta didik dan dalam mencapai tugas-tugas
perkembangannya. Oleh karena itu pelaksanaan bimbangan dan konseling harus
dilaksanakan dengan maksimal dalam membantu peserta didik mencapai tugastugas perkembangannya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ad dua permasalahan yang menjdi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimana Penerapan konseling kelompok
dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk
meningkatkan Self Efficacy (efikasi diri) pada siswa MTs Miftahul Qulub Desa
Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan.
Pendekatan penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTBK yang
berbasis kualitatif. Lokasi penelitian ini yaitu MTs Miftahul Qulub. Sumber dalam
penelitian ini adalah wali kelas, guru BK dan siswa. Metode yang digunakan
dalam pengumpulan data antara lain: wawancara, observasi, dokumentasi, dan
angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pada siklus I terdapat 2 siswa (33%)
dengan kategori sangat rendah, 4 siswi (66%) dengan kategori rendah. Dan siklus
II terdapat 4 siswa (67%) dengan kategori sedang, 2 siswa (33%) dengan kategori
tinggi. Pelaksanaan berdasarkan hasil peneleitian yang telah dilaksanakan di MTs
Miftahul Qulub Polagan, dapat diketahui pendekatan rebt dapat meningkatkan
efikasi diri siswa. Semua konseli mengikuti kegiatan konseling dengan baik sesuai
dengan tahap pelaksanaan yang sudah direncanakan sebelumnya oleh peneliti.
Pendekatan rebt sangat bermanfaat bagi siswa yang mempunyai pikiran yang
irasional, karena pendekatan krep mampu mengubah pikiran irasioanal siswa
menjadi rasional serta dapat meningkatkan keyakinan diri siswa terhadap
kemampuan yang dimilikinya
Tidak tersedia versi lain