Text
Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Melalui Teknik Reinforcement Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI di SMK Al-Fudhola’ Barurambat Timur
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Reinforcement, Motivasi Belajar
Pada penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang memiliki
motivasi belajar yang rendah sehingga terdapat beberapa siswa yang tidak giat
serta malas dalam proses pembelajaran serta mereka juga tidak dapat
menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran tersebut. Ada
dua permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu: pertama,
Adakah efektivitas layanan konseling kelompok melalui teknik reinforcement
untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris
kelas XI di SMK Al-Fudhola’ Barurambat Timur; kedua, Seberapa besar
efektivitas layanan konseling kelompok melalui teknik reinforcement untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kelas XI
di SMK Al-Fudhola’ Barurambat Timur. Penelitian ini menggunakan
pendekatakan kuantitatif dengan rancangan pre-experimental design, desain yang
digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Teknik penarikan sampel
yang digunakan adalah teknik sampling purposive,dengan jumlah sampel 21 siswa
kelas XI di SMK Al-Fudhola’ Barurambat Timur. Pengumpulan data yang
digunakan adalah melalui angket, wawancara, dan uji validitas. Analisis data yang
digunakan adalah uji paired sample T-test.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ada efektivitas layanan
konseling kelompok melalui teknik reinforcement untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kelas XI di SMK Al-Fudhola’
Barurambat Timur. Dalam hal ini maka dapat dilihat dari nilai signifikansi (2-
tailed) sebesar 0,029 < 0,05 yang kemudian ditunjukkan dari hasil t hitung 3,019 >
t tabel 2,571 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha
diterima atau ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y).
Berdasarkan uji paired samples correlations diketahui bahwa nilai korelasi
sebesar 0,029 dengan nilai signifikansi sebesar 0,957. Untuk itu karena nilai
signifikansi 0,957 > probabilitas 0,05 yang artinya dari nilai tersebut dapat
dikatakan bahwa tidak ada hubungan antara variabel pre-test dengan variabel
post-test. Selanjutnya berdasarkan uji paired samples statistics diperoleh hasil
rata-rata nilai pretest sebesar 76,17 dan rata-rata nilai post-test sebesar 96,00.
Diketahui bahwa rata-rata nilai post-test lebih tinggi dibanding rata-rata nilai pretest yang menunjukkan bahwa ada perubahan skor yang bermakna dari hasil
treatment yang berarti konseling kelompok dengan teknik reinforcement sangat
besar efektivitasnya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dari hasil
wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti yaitu kepada guru BK dan juga
guru mata pelajaranbahasa inggris, juga telah menunjukkan bahwa motivasi
belajar siswa lebih meningkat setelah dilakukannya treatment yaitu pemberian
layanan konseling kelompok melalui teknik reinforcement
Tidak tersedia versi lain