Text
Pengaruh Bacaan-bacaan Dzikir Terhadap Pembentukan Moral Siswa Di SMP Qurratul Uyun Trasak Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci : Dzikir, Moral.
Pendidikan dalam membentuk moral yang baik pada anak terutama
remaja dapat diajarkan di lembaga pendidikan (sekolah). Pendidikan moral yang
diberikan tidak hanya berupa pelajaran agama saja, namun dapat pula diajarkan
diluar pelajaran salah satunya kegiatan keagamaan seperti membaca dzikir. Dzikir
selain dibaca juga harus bisa memahami apa yang telah dibaca sehingga dengan
memahami makna serta keutamaan dari dzikir dapat meminimalisir perlakukanperlakuan yang menyimpang yang tidak sesuai dengan ajaran agama. Berdasarkan
permasalahan tersebut, maka terdapat dua rumusan masalah pada penelitian ini
yaitu: 1) adakah pengaruh Bacaan-bacaan dzikir terhadap pembentukan moral
siswa di SMP Qurratul Uyun Trasak Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan,
2) seberapa besar pengaruh Bacaan-bacaan dzikir terhadap pembentukan moral
siswa di SMP Qurratul Uyun Trasak Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang
bersifat penelitian korelasi (Research Correlation). Penelitian ini dilakukan
dengan mengambil sampel 25% dari jumlah seluruh siswa SMP Qurratul Uyun
Trasak didapat sampel yaitu 25 responden dengan tekhnik Random Sampling.
Pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan angket sebagai
instrument untuk memperoleh data variabel X dan Y dengan tekhnik analisis
korelasi product moment untuk mengetahui adakah pengaruh dan diuji dengan
koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bacaan-bacaan
dzikir terhadap pembentukan moral siswa di SMP Qurratul Uyun Trasak
Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai rhitung adalah 0,716,
selanjutnya nilai dari rhitung dibandingkan dengan nilai rproduct moment dengan N
= 25 dengan taraf signifikan 5% sebesar 0.396. Dikarenakan nilai rhitung lebih besar
dibandingkan r product moment, maka bacaan-bacaan dzikir memiliki pengaruh
terhadap pembentukan moral siswa di SMP Qurratul Uyun Trasak Kecamatan
Larangan Kabupaten Pamekasan, sehingga (Ha) yang diajukan diterima. 2) Hasil
rhitung adalah 0,716 dan terdapat pada nilai interval koefisien 0,60 – 0,799 sehingga
menunjukkan besar pengaruh bacaan-bacaan dzikir terhadap pembentukan moral
siswa memiliki tingkat hubungan pada kategori yang “kuat” dengan uji Koefisien
Determinasi yang diperoleh sebesar 51%, sehingga 49% nya masih dapat
dipengaruhi oleh kegiatan-kegiatan lainnya diluar penelitian (bacaan-bacaan
dzikir)
Tidak tersedia versi lain