Text
Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Interaksi Belajar Siswa di MTs Sunan Kalijaga Larangan Luar Larangan Pamekasan
Kata Kunci: Media Sosial, Interaksi Belajar
Dalam zaman yang semakin berkembang pada saat ini atau yang disebut era
melinial dimana remaja saat ini mayoritas menggunakan handpone yang tersebung
jaringan internet sehingga memberikan akses mudah ke seluruh dunia dan aplikasi
yang disediakan secara gratis, teknologi media sosial menunjukkan perubahan
interaksi belajar dikalangan pelajar dalam proses belajar yang menggunakan media
sosial, seperti aplikasi whatsapp, instagram, facebook, youtube dan media sosial
lainnya, media sosial yang semakin mudah di akses, maka para pengguna semakin
sering menghabiskan waktu bagi yang mengunakan media sosial sehingga tidak dapat
di kontrol pada saat proseses belajar berlangsung.
Berdasarkan hal tersebut, maka pokok permasalahan yang menjadi kajian
dalam penelitian ini yaitu: pertama, Apa saja jenis-jenis media sosial yang sering di
gunakan oleh siswa MTs Sunanan Kalijaga?, kedua, Bagaimana dampak penggunaan
media sosial terhadap interaksi belajar siswa di MTs Sunan Kalijaga?
Pendekatan penelitian ini termasuk dalam Penelitian Kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dalam penelitian ini yaitu MTs Sunan Kalijaga
Larangan Luar Larangan Pamekasan. Sumber data dalam penelitian ini adalah wali
kelas, guru BK dan siswa, metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini antara lain yaitu wawancara, obeservasi, dan dokumentasi. Analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data non statistik, yaitu
mengkombinasikan temuan data yang diperoleh dari wawancara, obsevasi, dan
dokumentasi menggunakan trianggulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, jenis-jenis media sosial
yang sering digunakan oleh para siswa MTs Sunan Kalijagi yaitu whatsapp,
instagram, facebook dan youtube, sesuai dengan hasil wawancara serta observasi
dalam penelitian ini. Kedua, dampak penggunaan media sosial terhadap interaksi
belajar siswa terdapat dua dampak yaitu dampak positif di antaranya siswa dapat
dalam kegiatan belajar seperti mudah dalam mencari informasi, menghilangkan
kepenatan dalam belajar, serta membuat siswa mudah menyelesaikan tuga-tugasnya,
sedangkan dampak negatif dari media sosial terhadap interaksi belajar diantaranya
dapat membuat kelalaian pada siswa sehingga kurang disiplin dan bersifat malas,
membuat siswa dengan mudah untuk menyontek karya-kaya orang lain, tidak sospan
dalam berbicara, serta membuat siswa menghabiskan uang jajannya untuk
menggunakan media sosialnya
Tidak tersedia versi lain