PERPUSTAKAAN IAIN MADURA

Perpustakaan Religius dan Kompetitif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulation Game Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMK Bustanul Ulum Waru Pamekasan

HARIES NOR ROFIQI - Nama Orang;

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Simulation Game, Motivasi Belajar

Motivasi merupakan hal yang dipandang sebagai salah satu faktor yang cukup berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa. Meskipun dapat kita akui bahwa bakat dan intelegensi menjadi hal utama dalam usaha mencapai prestasi belajar, namun jika tidak memiliki motivasi untuk berprestasi dalam belajarnya, tentu dua hal tersebut juga tidak banyak berarti. Dengan ini dapat kita asumsikan bahwa individu atau siswa yang memiliki motivasi lebih tinggi akan mendapat hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan individu atau siswa yang memiliki motivasi rendah atau tidak memiliki motivasi sama sekali. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok dengan teknik simulation game dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Berdasarkan hal tersebut, yang menjadi fokus utama pada penelitian ini ialah bagaimana penerapan layanan bimbingan kelompok teknik simulation game dalam meningkatkan motivasi belajar siswa?
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Peneliti melaksanakan langsung penelitian dengan memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulation game yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini ialah melalui hasil angket, wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakan tindakan terdapat 5 siswa yang masuk pada kategori rendah. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata yang didapat oleh 6 siswa tersebut ialah 40%, setelah dilaksanakan tindakan siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 66%, dan hasil dari tindakan siklus 2 semua siswa yang mengikuti layanan mendapat kategori sedang dan tinggi, dalam artian tidak ada lagi siswa yang masuk pada kategori rendah. Hal tersebut dibuktikan dari rata-rata persentase yaitu 100%. Dari sini dapat dikatakan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulation game dapat meningkatkan motivasi siswa di SMK Bustanul Ulum.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 192021074 HAR P
192021074
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
192021074 HAR P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xi+66 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
192021074
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Motivasi Belajar
SKRIPSI BKPI 2021
Info Detail Spesifik
074
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN IAIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?